Saat ini industri bisnis kreatif dan seiring terjadinya transformasi digital di
Indonesia perlu dieksplorasi dan diperluas lebih lanjut agar Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat tumbuh secara eksponensial dan efektif karena saat ini Indonesia sedang memasuki era digital. Terlebih hal tersebut terjadi pasca pandemi, banyak UKM di Indonesia yang terdampak. Tak terkecuali CV. Natural House yang dimana saat ini sedang terjadi transformasi dan perubahan pada sistem bisnis mereka. Natural House merupakan perusahaan yang didirikan di Yogyakarta dan bergerak di bidang bisnis kreatif, berfokus di bidang furnitur dan dekorasi rumah dengan menggunakan bahan daur ulang dan menerapkan konsep upcycle pada produknya. Perubahan drastis dalam industri kreatif ini membuat Natural House mengalami kesulitan dalam beberapa bidang manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh Natural House dengan menggunakan beberapa analisis baik internal maupun eksternal, seperti Root Cause Analysis, Internal Resources Analysis, Value Chain Analysis, Porter's Five Analysis, McKinsey 7S Model, dan 7P Marketing Mix.
Tujuan yang ingin dicapai setelah melakukan analisis dengan menggunakan model atau kerangka analisis yang terlah di sebutkan diatas adalah menemukan solusi dan strategi bisnis yang dapat diterapkan pada perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa Natural House masih memiliki beberapa kekurangan, tidak hanya dalam bagian sumber daya manusia dan permodalan tetapi juga dalam bagian manajemen pemasaran. Selain itu, Natural House belum memiliki struktur perusahaan yang ideal pada umumnya. Oleh karena itu, penulis menyarankan lima solusi untuk Natural House: merekrut karyawan baru, memberikan pelatihan dan mentoring kepada karyawan, mengoptimalkan pemasaran melalui pasar online global, meningkatkan platform offline mereka, seperti mengikuti pameran dan acara kreatif, memperbaiki dan memperluas ruang kantor dan showroom, serta menerapkan rapat evaluasi rutin. Dengan demikian, penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan solusi dan tujuan bisnis yang ingin dicapai sehingga Natural House dapat mempertimbangkan dan menggunakan solusi tersebut untuk penelitian dan pengembangan bisnis lebih lanjut.