digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Nia Wiradjaja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi COVID-19 telah mempercepat transformasi dan teknologi digital dan banyak bisnis telah beralih ke proses digital. Jumlah bisnis financial technology juga terlihat semakin meningkat seiring berjalannya waktu karena dipandang sebagai layanan yang lebih nyaman dan efektif dibandingkan menggunakan bank tradisional di era digital ini. Broom.id adalah platform ekosistem digital baru yang dibuat oleh PT. Teknologi Usaha Nusantara pada tahun 2020 di mana mereka menawarkan pemilik bisnis showroom untuk mengajukan pendanaan untuk operasi bisnis mereka. Karena masih tergolong bisnis baru, masih sedikit orang yang mendengar tentang mereknya, artinya merek tersebut masih kurang dikenal di pasar sasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesadaran merek yang nantinya akan berkontribusi pada penjualannya dengan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk bisnis tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan memanfaatkan data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan survei. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui buku, jurnal, sumber terpercaya lainnya dari internet, dan data yang diperoleh dari perusahaan. Penelitian ini menganalisis kondisi internal dan eksternal terkait dengan masalah yang dihadapi perusahaan. Analisis internal yang digunakan adalah STP dan Marketing Mix 7P, sedangkan untuk analisis eksternal menggunakan analisis PESTEL, Five Porter Forces, Analisis Pesaing, dan Analisis Pelanggan. Hasil dari kondisi internal dan eksternal tersebut kemudian dirangkum melalui Matriks SWOT, yang kemudian dirumuskan melalui Matriks TOWS dan diintegrasikan ke dalam Marketing Mix 7P yang baru. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan 13 strategi pemasaran baru yang mencakup 7 aspek bauran pemasaran. Strategi pemasaran baru akan diterapkan oleh Broom.id sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness.