Badan Usaha BURS Bp Batam merupakan lembaga pelayanan kesehatan dan Unit
Pelaksana Teknis di bawah naungan hukum Badan Pengusaha Batam, yang akan
selalu berkembang secara dinamis dan berubah sesuai dengan fungsi dan tugasnya
mengikuti tantangan dan perkembangan dunia teknologi dan kesehatan. Dalam hal
ini, Badan Usaha Rumah Sakit berusaha mengantisipasi setiap perubahan dan
tuntutan akan perlunya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan
pengguna jasa di bidang kesehatan, khususnya terkait peningkatan kualitas
pelayanan kesehatan terkait pemanfaatan teknologi canggih (terkini) di bidang
kedokteran dan tetap terjangkau oleh masyarakat.
Capaian kinerja tahun 2021 atas capaian dalam meningkatkan pelayanan kepada
masyarakat berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihak eksternal mencapai
kepuasan pasien sebesar 90,48 dengan target 88,50. Upaya Proses Bisnis Internal
untuk meningkatkan pelayanan telah dilakukan dengan menambah pelayanan
Laboratorium, Cardiac Ablation, ESWL, Mamography, peningkatan pelayanan rawat
inap dan jalan dengan menambah pelayanan perawatan mental dan MCU.
Penelitian ini akan mengevaluasi, menganalisis dan menilai potensi peningkatan
pendapatan Badan Usaha Rumah Sakit Badan Wirausaha Batam dengan memitigasi
risiko berdasarkan standar COSO-ERM (Enterprise Risk Management) dan
menerapkan metode ini untuk meningkatkan volume layanan dan meningkatkan
pendapatan Badan Usaha Rumah Sakit Badan Wirausaha Batam dengan
mengusulkan perubahan besaran nilai tarif.
Penelitian ini bermanfaat bagi pemerintah dan praktisi. Penulis juga
merekomendasikan kepada BP Batam untuk meningkatkan jumlah layanan dan
fasilitas pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan pelayanan kesehatan dan
tentunya akan berdampak pada peningkatan pendapatan.