digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata untuk dikunjungi, diantaranya adalah wisata alam dan buatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Lampung adalah salah satu destinasi wisata yang menarik sebagaimana menempati posisi ketiga sebagai destinasi wisata di Pulau Sumatera. Salah satu tempat wisata yang berada di provinsi Lampung ialah taman wisata Wira Garden, yang didirikan tahun 2010. Pandemi Covid-19 berimbas pada Wira Garden, sehingga penjualan tiket pengunjung di bawah target. Saat ini, situasinya tidak membaik karena persaingan antar destinasi pariwisata semakin meningkat. Untuk menarik pengunjung, strategi pemasaran harus dilakukan untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam mengunjungi destinasi pariwisata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk mengetahui sejauh mana bauran pemasaran mempengaruhi proses pengambilan keputusan pengunjung untuk mengunjungi Taman Wisata Wira Garden; kedua, mengidentifikasi akar permasalahan berdasarkan situasi internal dan eksternal Taman Wisata Wira Garden; dan ketiga, mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dalam upaya meningkatkan kinerja penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Analisis Internal menggunakan analisis Marketing Mix, analisis VRIO, dan analisis STP. Sedangkan analisis eksternal menggunakan analisis PESTEL, analisis Porter's Five Force, analisis kompetitor, dan analisis pelanggan. Selanjutnya, pengaruh dari marketing mix terhadap keputusan pembembelian diselidiki melalui survei terhadap 200 responden. Hasilnya adalah, produk, harga, dan promosi memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian. hasil analisis selanjutnya dievaluasi untuk mengidentifikasi akar permasalahan, seperti inovasi produk yang tidak berkelanjutan, produk yang mirip dengan pesaing, ancaman dari kegiatan alternatif, dan promosi yang terbatas serta tidak fokus ke target pasarnya. Oleh karena itu, diajukan strategi pemasaran untuk produk dan promosi guna mempengaruhi keputusan pembelian pengunjung.