Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata untuk dikunjungi, diantaranya adalah wisata
alam dan buatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Lampung adalah salah satu destinasi
wisata yang menarik sebagaimana menempati posisi ketiga sebagai destinasi wisata di Pulau
Sumatera. Salah satu tempat wisata yang berada di provinsi Lampung ialah taman wisata Wira
Garden, yang didirikan tahun 2010. Pandemi Covid-19 berimbas pada Wira Garden, sehingga
penjualan tiket pengunjung di bawah target. Saat ini, situasinya tidak membaik karena persaingan
antar destinasi pariwisata semakin meningkat. Untuk menarik pengunjung, strategi pemasaran harus
dilakukan untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam mengunjungi destinasi pariwisata. Oleh
karena itu, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk mengetahui sejauh mana
bauran pemasaran mempengaruhi proses pengambilan keputusan pengunjung untuk mengunjungi
Taman Wisata Wira Garden; kedua, mengidentifikasi akar permasalahan berdasarkan situasi internal
dan eksternal Taman Wisata Wira Garden; dan ketiga, mengembangkan strategi pemasaran yang
sesuai dalam upaya meningkatkan kinerja penjualan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis
lingkungan eksternal dan internal. Analisis Internal menggunakan analisis Marketing Mix, analisis
VRIO, dan analisis STP. Sedangkan analisis eksternal menggunakan analisis PESTEL, analisis
Porter's Five Force, analisis kompetitor, dan analisis pelanggan. Selanjutnya, pengaruh dari marketing
mix terhadap keputusan pembembelian diselidiki melalui survei terhadap 200 responden. Hasilnya
adalah, produk, harga, dan promosi memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
hasil analisis selanjutnya dievaluasi untuk mengidentifikasi akar permasalahan, seperti inovasi produk
yang tidak berkelanjutan, produk yang mirip dengan pesaing, ancaman dari kegiatan alternatif, dan
promosi yang terbatas serta tidak fokus ke target pasarnya. Oleh karena itu, diajukan strategi
pemasaran untuk produk dan promosi guna mempengaruhi keputusan pembelian pengunjung.