digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tesis ini bertujuan untuk merumuskan strategi manajemen pada Koperasi Simpan Pinjam Barama. Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Barama di masa pandemi terindikasi mengalami penurunan akibat tingginya angka pengangguran saat itu. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi literatur dan bahan online untuk mengumpulkan data sekunder dan wawancara untuk data primer. Data yang diperoleh dibagi menjadi faktor internal dan eksternal. Alat yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah Matriks IFE (Internal Factors Evaluation), Matriks EFE (External Factors Evaluation), Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), dan Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Temuan dalam penelitian ini meliputi; Mempekerjakan manajer media sosial sebagai cara untuk memasuki kompetisi digital; Mengembangkan produk simpanan berbunga; dan Merekrut tenaga penjualan baru dengan tugas tertentu; merupakan alternatif strategi yang cocok untuk diterapkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Barama. Tesis ini berfokus pada perumusan untuk mendapatkan strategi yang tepat bagi koperasi simpan pinjam Barama dalam menghadapi era pascapandemi. Analisis harus dianggap sebagai pendekatan yang terbaik untuk meningkatkan daya saing dan inovasi dalam aspek operasional dan manajemen perusahaan. Terbentuknya rencana pelaksanaan yang dibentuk oleh penulis dan anggota pengurus koperasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja Koperasi Simpan Pinjam Barama.