2022 TA PP ALNA KHAULA SYAHIDA 1.pdf?_
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Nation branding Indonesia belum kuat dibandingkan dengan negara lainnya. Untuk turut
berkontribusi dalam menguatkan nation branding Indonesia, saat ini kota – kota di
Indonesia mulai berkompetisi untuk membangun city brandingnya termasuk Kota
Sukabumi. Terlepas menjadi kota pertama yang meraih predikat Telkom Modern City
pada tahun 2017 silam, Kota Sukabumi belum memiliki identitas yang kuat selain dikenal
sebagai Kota Mochi. Oleh sebab itu, perancangan ini dibuat karena dirasa perlu
menggali potensi – potensi lain dari Kota Sukabumi untuk menciptakan city branding
yang tepat dengan harapan mampu bersaing dengan kota lain untuk menarik wisatawan
serta para investor untuk menanamkan modalnya di Kota Sukabumi. Beraneka potensi
ini didapatkan melalui studi literatur, wawancara, survei lapangan, dan kuesioner yang
disebarkan kepada target audiens. Selanjutnya, potensi – potensi Kota Sukabumi
dianalisis dan diuraikan berdasarkan enam variabel competitive identity yang
menghasilkan brand positioning Kota Sukabumi. Perancangan dibuat berdasarkan
impresi masyarakat Kota Sukabumi dan kabupaten serta berbagai potensinya yang
dirumuskan pada logo, tagline, serta elemen grafis dengan memanfaatkan bentuk –
bentuk dari kebudayaan Kota Sukabumi hingga hubungan antara masyarakatnya.
Perancangan ini lebih lanjut diimplementasikan pada poster, billboard, stationary,
banner, merchandise, environmental design, signage, grafis kendaraan, dan sosial media
sebagai media promosi city branding Kota Sukabumi. Hasil yang didapatkan, yaitu meski
termasuk ke dalam kota dengan wilayah terkecil di Jawa Barat, Kota Sukabumi nyatanya
memiliki potensi berlimpah yang tidak kalah bergengsi dibandingkan kota – kota lainnya
di Indonesia, salah satunya adalah Wayang Sukuraga. Beraneka potensi ini dapat
dimanfaatkan untuk mendorong city branding Kota Sukabumi. Kesimpulan dari
perancangan ini ialah city branding merupakan media yang tepat untuk
memperkenalkan potensi Kota Sukabumi. Agar city branding dapat melekat kuat pada
pikiran target audiensnya, maka diperlukan pula strategi yang akurat.