digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP ALNA KHAULA SYAHIDA 1.pdf?_
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Nation branding Indonesia belum kuat dibandingkan dengan negara lainnya. Untuk turut berkontribusi dalam menguatkan nation branding Indonesia, saat ini kota – kota di Indonesia mulai berkompetisi untuk membangun city brandingnya termasuk Kota Sukabumi. Terlepas menjadi kota pertama yang meraih predikat Telkom Modern City pada tahun 2017 silam, Kota Sukabumi belum memiliki identitas yang kuat selain dikenal sebagai Kota Mochi. Oleh sebab itu, perancangan ini dibuat karena dirasa perlu menggali potensi – potensi lain dari Kota Sukabumi untuk menciptakan city branding yang tepat dengan harapan mampu bersaing dengan kota lain untuk menarik wisatawan serta para investor untuk menanamkan modalnya di Kota Sukabumi. Beraneka potensi ini didapatkan melalui studi literatur, wawancara, survei lapangan, dan kuesioner yang disebarkan kepada target audiens. Selanjutnya, potensi – potensi Kota Sukabumi dianalisis dan diuraikan berdasarkan enam variabel competitive identity yang menghasilkan brand positioning Kota Sukabumi. Perancangan dibuat berdasarkan impresi masyarakat Kota Sukabumi dan kabupaten serta berbagai potensinya yang dirumuskan pada logo, tagline, serta elemen grafis dengan memanfaatkan bentuk – bentuk dari kebudayaan Kota Sukabumi hingga hubungan antara masyarakatnya. Perancangan ini lebih lanjut diimplementasikan pada poster, billboard, stationary, banner, merchandise, environmental design, signage, grafis kendaraan, dan sosial media sebagai media promosi city branding Kota Sukabumi. Hasil yang didapatkan, yaitu meski termasuk ke dalam kota dengan wilayah terkecil di Jawa Barat, Kota Sukabumi nyatanya memiliki potensi berlimpah yang tidak kalah bergengsi dibandingkan kota – kota lainnya di Indonesia, salah satunya adalah Wayang Sukuraga. Beraneka potensi ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong city branding Kota Sukabumi. Kesimpulan dari perancangan ini ialah city branding merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan potensi Kota Sukabumi. Agar city branding dapat melekat kuat pada pikiran target audiensnya, maka diperlukan pula strategi yang akurat.