2022 SK PP Rahmatika Tri Wulandari [19019154] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Wiwik Istiyarini
Pertumbuhan teknologi keuangan (fintech) di Indonesia semakin meningkat seiring kemajuan
teknologi di era digital, bahkan memperluas bentuk layanan keuangan hingga mengadopsi
metode Beli Sekarang Bayar Nanti (BNPL) yang saat ini menjadi layanan pembayaran favorit
ketiga. Kemudahan yang ditawarkan metode pembayaran BNPL ini menarik perhatian banyak
pengguna platform online, namun dibalik keuntungan yang diterima, perilaku belanja impulsif
bisa saja muncul diikuti oleh rendahnya tingkat literasi keuangan dan digital financial literacy
yang justru malah membawa keterpurukan untuk melunasi bunga yang tidak diperhatikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah digital financial literacy dan
yang juga kaitannya erat financial literacy dan faktor yang mendasari penggunaan paylater
efektif mempengaruhi perilaku pembelian impulsif dengan menggunakan metode pembayaran
beli sekarang bayar nanti di generasi muda yang financial literacy nya lebih rendah dibandingkan
orang dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data
melalui survei kepada 385 responden yang pernah menggunakan paylater di seluruh Indonesia.
Teknik analisis data menggunakan multiple linear regression untuk menganalisis hubungan antar
variabel. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi keuangan dan perilaku, literasi keuangan digital,
dan faktor yang mendasari penggunaan paylater mempengaruhi positif terhadap perilaku
pembelian impulsif menggunakan metode pembayaran beli sekarang bayar nanti sebesar 28.90%.
Kata kunci: Literasi Keuangan, Literasi Keuangan Digital, Faktor Penggunaan Paylater,
Perilaku Pembelian Impulsif, Metode Pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti