Beasiswa merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada
individu dengan tujuan membantu keuangan individu tersebut dalam melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi. Institut Teknologi Bandung (ITB) memfasilitasi
pemberian beasiswa kepada mahasiswanya dengan cara mempermudah proses
pendaftaran beasiswa secara online dalam bentuk website. Akan tetapi, website
beasiswa ITB terakhir diperbarui pada tahun 2017, dengan versi 1.0. Oleh
karenanya website tersebut saat ini perlu pembaruan, seperti dari segi tampilan,
pengalaman pengguna, alur pengguna (user flow), serta fitur. Berdasarkan
permasalahan tersebut, pada tugas akhir ini dilakukan pembuatan desain interaksi
website beasiswa ITB yang bertujuan untuk melakukan pembaruan pada website
yang sudah ada. Pendekatan desain interaksi yang digunakan adalah user-centered
design. Usability goals yang ingin dicapai pada desain interaksi ini adalah effective
to use, efficient to use, dan having good utility, sedangkan user experience goals
yang ingin dicapai adalah pleasurable dan helpful. Dalam perancangan solusi
desain juga melibatkan teori user experience seperti Aesthetic Usability Effect,
Jakob’s Law, dan Miller’s Law. Hasil akhir dari tugas akhir ini berupa prototipe
high-fidelity yang telah diuji sebanyak dua iterasi menggunakan usability testing.
Pengujian diukur dengan task completion rate, System Usability Scale (SUS),
Single Ease Question (SEQ), dan Intrinsic Motivation Inventory (IMI) dengan
subskala Interest/Enjoyment, Effort/Importance, dan Value/Usefulness. Pengujian
pada iterasi kedua menghasilkan skor 100% untuk task completion rate, 6,63 dari 7
untuk SEQ, 90,5 dari 100 untuk SUS, 6,17 dari 7 untuk IMI subskala
Interest/Enjoyment, 2,80 dari 7 untuk IMI subskala Effort/Importance, dan 6,11 dari
7 untuk IMI subskala Value/Usefulness. Berdasarkan pengujian tersebut, desain
interaksi website beasiswa ITB yang dibuat telah memenuhi usability goals dan
user experience goals yang ingin dicapai.