digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Antonius Reynard Affandi
PUBLIC Dewi Supryati

Inti bisnis Infia sebagai salah satu pemain di industri media dan periklanan adalah menyajikan berita/konten dalam berbagai bidang melalui sejumlah akun media sosial Instagram. Infia memperluas jangkauan bisnisnya dari hanya mengelola akun internal secara reguler dengan menambahkan bisnis kerja sama pengelolaan akun media sosial dengan brand lain. Sejak bulan Juli tahun 2019, Infia membentuk kerja sama dengan PT.X sebagai perusahaan produsen laptop terkemuka di Indonesia untuk membentuk akun Instagram white-label, @menanggaming, yang secara tidak langsung diharapkan mampu menarik minat pengguna Instagram untuk menggunakan laptop gaming terbaru PT.X. Akibat usia akun Instagram yang masih muda, Infia memiliki tantangan untuk mengoptimalkan konten yang dipublikasikan agar memicu pelanggan untuk mengunjungi situs web eksklusif untuk gaming bersama PT.X, menanggaming.com Penelitian ini bertujuan untuk merancang model kuantitatif yang dapat memprediksi jumlah lead-to-website menanggaming.com berdasarkan atribut konten dan akun instagram @menanggaming sehingga memudahkan Infia mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi interaksi dengan pengguna Instagram. Model prediksi dibuat berdasarkan 456 data harian akun @menanggaming yang tersebar ke dalam lebih dari 2000 post. Model prediksi lead-to-website dibentuk menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu regresi dan machine learning. Dari beberapa model prediksi yang digunakan, metode regresi linear berganda dan random forest (regressor) menghasilkan performansi terbaik dan interpretasi yang mudah. Nilai R2 set data training dan testing model prediksi lead-to-website dari metode regresi linear berganda dan random forest berturut- turut adalah 54.69%, 42.85%, 90.31%, dan 73.7%,. Variabel terpilih untuk perancangan model akhir adalah jumlah tipe post dalam bentuk image, jumlah tipe post dalam bentuk video, jumlah tipe post dalam bentuk carousel, tipe konten dalam kategori how, jumlah impresi post, dan waktu unggah konten dalam rentang 00.00 – 10.00 WIB. Penelitian diakhiri dengan saran strategi pemasaran konten Instagram @menanggaming berdasarkan variabel yang paling memengaruhi jumlah lead-to-website dan saran untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis akun @menanggaming.