Inti bisnis Infia sebagai salah satu pemain di industri media dan periklanan adalah
menyajikan berita/konten dalam berbagai bidang melalui sejumlah akun media sosial
Instagram. Infia memperluas jangkauan bisnisnya dari hanya mengelola akun internal secara
reguler dengan menambahkan bisnis kerja sama pengelolaan akun media sosial dengan
brand lain. Sejak bulan Juli tahun 2019, Infia membentuk kerja sama dengan PT.X sebagai
perusahaan produsen laptop terkemuka di Indonesia untuk membentuk akun Instagram
white-label, @menanggaming, yang secara tidak langsung diharapkan mampu menarik
minat pengguna Instagram untuk menggunakan laptop gaming terbaru PT.X. Akibat usia
akun Instagram yang masih muda, Infia memiliki tantangan untuk mengoptimalkan konten
yang dipublikasikan agar memicu pelanggan untuk mengunjungi situs web eksklusif untuk
gaming bersama PT.X, menanggaming.com
Penelitian ini bertujuan untuk merancang model kuantitatif yang dapat memprediksi jumlah
lead-to-website menanggaming.com berdasarkan atribut konten dan akun instagram
@menanggaming sehingga memudahkan Infia mengidentifikasi variabel yang
mempengaruhi interaksi dengan pengguna Instagram. Model prediksi dibuat berdasarkan
456 data harian akun @menanggaming yang tersebar ke dalam lebih dari 2000 post. Model
prediksi lead-to-website dibentuk menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu regresi dan
machine learning. Dari beberapa model prediksi yang digunakan, metode regresi linear
berganda dan random forest (regressor) menghasilkan performansi terbaik dan interpretasi
yang mudah. Nilai R2 set data training dan testing model prediksi lead-to-website dari
metode regresi linear berganda dan random forest berturut- turut adalah 54.69%, 42.85%,
90.31%, dan 73.7%,. Variabel terpilih untuk perancangan model akhir adalah jumlah tipe
post dalam bentuk image, jumlah tipe post dalam bentuk video, jumlah tipe post dalam
bentuk carousel, tipe konten dalam kategori how, jumlah impresi post, dan waktu unggah
konten dalam rentang 00.00 – 10.00 WIB. Penelitian diakhiri dengan saran strategi
pemasaran konten Instagram @menanggaming berdasarkan variabel yang paling
memengaruhi jumlah lead-to-website dan saran untuk meningkatkan efektivitas proses
bisnis akun @menanggaming.