ABSTRAK Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Althea Agustina
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
LAMPIRAN
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada era disrupsi mengundang adanya
perubahan pada bidang ekonomi. Sharing economy hadir karena teknologi yang
berkembang dengan maksud membantu masyarakat dalam mengelola aset tidak
bergeraknya untuk menghasilkan suatu nilai ekonomi melalui salah satu platform yakni
Airbnb Airbnb merupakan platform penyedia akomodasi yang memberikan pilihan tipe
properti yang beragam, harga yang variatif dan menawarkan fasilitas yang berbeda
dari penyedia akomodasi tradisional yakni hotel. Namun, terkait strategi penetapan
harga dalam menentukan harga sewa Airbnb membutuhkan suatu penelitian agar dapat
bersaing dengan harga akomodasi tradisional. Strategi penetapan harga yang
dilakukan menggunakan beberapa variabel yang memiliki kete rkaitan seperti bedrooms,
occupancy rate, overall rate, lokasi listing Airbnb dan lainnya. Akan tetapi, seringkali
aspek spasial atau lokasi dari listing Airbnb diabaikan dalam menetapkan suatu harga
sewa Airbnb. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan un tuk mengidentifikasi
pengaruh variabel spasial terhadap penentuan harga Airbnb menggunakan pendekatan
spasial Multiscale Geographically Weighted Regression (MGWR). Wilayah studi yang
dianalisis adalah Kota Bandung dan Kabupaten Badung yang memiliki karakte ristik
spasial berbeda untuk kedua wilayah tersebut. Hal ini dilakukan dengan melakukan
analisis Hedonic Pricing Methods (HPM) dan analisis jangkauan pelayanan untuk
mengidentifikasi kedekatan lokasi Airbnb dengan beberapa lokasi wisata dan
restaurant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model global regression lebih
baik dibandingkan dengan model MGWR. Akan tetapi, hasil penelitian ini tidak dapat
digunakan di delineasi yang berbeda karena kondisi geografis di setiap daerah memiliki
keunikannya masing-masing.