BAB 1 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Ghea Isabela Islam
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan teknologi memberikan perubahan besar pada perilaku
penggunanya. Mobile payment merupakan salah satu contoh perkembangan
teknologi di bidang keuangan yang memudahakan penggunanya dengan dapat
bertransaksi melalui telepon seluler. Saat ini, layanan m-payment semakin
berkembang yang ditandai dengan semakin banyak penyedia layanan di bidang m-
payment (e-wallet). Salah satu strategi yang dapat dilakukan penyedia layanan Link
Aja agar dapat berkompetisi dengan para kompetitornya adalah dengan
memperhatikan aspek customer engagement. Terdapat kekurangan pada penelitian
terdahulu yang kemudian dijadikan landasan kebaharuan penelitian ini yaitu
dilakukan kepada pengguna m-payment, telah diuji secara empiris dengan
menggunakan PLS-SEM, dan menambahkan variabel pembentuk variabel service
experience. Penelitian ini menggunakan pendekatan Service-Dominant Logic
dengan menambahkan variabel service quality, information quality, dan system
quality sebagai variabel formatif dari variabel sevice experience. Penelitian ini
menggunakan 306 data pengguna Link Aja di Indonesia yang dikumpulkan melalui
survey kuesioner online. Data yang didapat tersebut kemudian diolah menggunakan
metode PLS-SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang dapat membentuk
customer engagement pada pengguna Link Aja yaitu trust, positive emotion, dan
satisfaction. Faktor trust memiliki pengaruh yang lebih tinggi ke customer
engagement dibandingkan dengan positive emotion dan satisfaction. Positive
emotion terbukti secara signifikan dapat dipengaruhi oleh variabel service
experience. Satisfaction terbukti secara signifikan dapat dibentuk oleh variabel
commitment dan trust. Service experience terbukti secara signifikan dapat
direfleksikan oleh variabel system quality, information quality, dan service quality.
Saran yang dapat diberikan untuk penyedia layanan m-payment Link Aja yaitu
perlu memperkuat faktor kepercayaan pelanggan dengan cara memberikan layanan
seperti yang sudah dijanjikan dan juga memperhatikan kepentingan pengguna
selama menggunakan layanan karena selain tetap terjalin interaksi dengan customer
yang telah ada, temuan hasil penelitian ini menemukan bahwa customer
engagement juga mengindikasikan dapat mengakuisisi customer baru.