digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu kegiatan utama pengguna dalam proses pembelian produk di e-commerce adalah membandingkan produk yang ingin dibeli. Dalam proses perbandingan produk di aplikasi mobile e-commerce, pengguna sebelumnya harus melakukan proses yang iteratif dan tidak efisien. Proses tersebut dilakukan dengan membuka product list, dilanjutkan dengan membuka product detail page (PDP) sebuah produk, kembali ke product list, membuka product detail page produk lain, dan proses tersebut dilakukan secara terus-menerus hingga sebuah produk dipilih. Tugas akhir ini bermaksud untuk merancang sebuah desain interaksi dengan metode user-centered design (UCD) yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Tahapan UCD yang dilalui meliputi Penentuan Konteks Penggunaan, Penentuan Kebutuhan Pengguna, Perancangan Solusi, dan Evaluasi Rancangan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner ke 320 responden. Dari hasil analisis data yang dikumpulkan, berhasil didefinisikan berbagai permasalahan, perilaku, kebutuhan, dan tujuan pengguna, serta fungsionalitas yang dapat menjawab hal-hal tersebut. Fungsionalitas yang dibutuhkan meliputi Perbandingan, Mulai Bandingkan, Rekomendasi Produk, Pilih Spesifikasi, Pengaturan Rekomendasi, Referensi Luar, Click to Action, Bagikan Hasil, dan Ganti Produk. Berbagai fungsionalitas tersebut kemudian dirancang dan diuji sebanyak tiga kali: low fidelity prototype dan high fidelity prototype iterasi pertama dan kedua. Pengujian dilakukan dengan mengukur overall usability dan mengukur ketercapaian goals yang didefinisikan yaitu usability goal effective to use dan efficient to use serta user experience goal helpful. Hasil akhir dari pengujian menunjukan solusi desain interaksi yang diajukan dapat memenuhi semua aspek tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan tercapainya skor 93 system usability scale, 100% completion rate, 100% tingkat persetujuan pengguna terhadap ketercapaian tujuan solusi, pengurangan jumlah klik sebanyak 32,57%, jumlah transisi halaman sebanyak 46,25%, dan jumlah waktu sebanyak 57,29% dibandingkan sistem lama, dan minimnya frekuensi kebingungan dan kesulitan pengguna dalam menggunakan solusi desain interaksi yang diajukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain interaksi fitur perbandingan PDP yang diajukan telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan terpenuhinya semua aspek uji.