digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

“KirimAja” adalah salah satu anak perusahaan dari Garuda Indonesia Group yang baru diluncurkan pada tahun 2020 dan memiliki kunci aktivitas berupa menawarkan jasa pengiriman barang kepada pelanggannya. “KirimAja” perlu melakukan perbaikan terus-menerus untuk dapat lebih berkembang. Hal yang perlu diperbaiki diketahui melalui studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti berupa wawancara dengan pihak “KirimAja” dan penyebaran kuesioner untuk mengetahui tingkat kesadaran merek “KirimAja” dalam industri pengiriman barang. Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa tingkat kesadaran merek “KirimAja” masih sangat rendah dibanding kompetitor dalam industri yang sama. Setelah pemahaman lebih lanjut berdasarkan hasil kuesioner pendahuluan dan wawancara, akar masalah terletak pada kurang tepatnya “KirimAja” dalam merumuskan strategi pemasaran. Oleh karena itu pada penelitian ini akan ditentukan rancangan konsep segmentasi, target, dan posisi pasar (STP) yang tepat sebagai acuan untuk merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek “KirimAja”. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, didapatkanlah tiga segmentasi pasar, yaitu klaster extra income seeker, business savvy, dan convenience seeker. Business savvy ditetapkan sebagai target pasar menggunakan metode recency, frequency, dan monetary (RFM). Posisi pasar dari “KirimAja” tertuang dalam suatu tools bulls eye positioning dengan mantra merek berupa “A new way for parcel delivery: get commission for every transaction”. Strategi pemasaran yang diusulkan oleh peneliti adalah implementasi program kampanye dan pemasangan iklan berbayar pada home media sosial.