“KirimAja” adalah salah satu anak perusahaan dari Garuda Indonesia Group yang baru
diluncurkan pada tahun 2020 dan memiliki kunci aktivitas berupa menawarkan jasa pengiriman
barang kepada pelanggannya. “KirimAja” perlu melakukan perbaikan terus-menerus untuk
dapat lebih berkembang. Hal yang perlu diperbaiki diketahui melalui studi pendahuluan yang
dilakukan oleh peneliti berupa wawancara dengan pihak “KirimAja” dan penyebaran kuesioner
untuk mengetahui tingkat kesadaran merek “KirimAja” dalam industri pengiriman barang.
Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa tingkat kesadaran merek “KirimAja” masih
sangat rendah dibanding kompetitor dalam industri yang sama. Setelah pemahaman lebih lanjut
berdasarkan hasil kuesioner pendahuluan dan wawancara, akar masalah terletak pada kurang
tepatnya “KirimAja” dalam merumuskan strategi pemasaran. Oleh karena itu pada penelitian
ini akan ditentukan rancangan konsep segmentasi, target, dan posisi pasar (STP) yang tepat
sebagai acuan untuk merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek
“KirimAja”.
Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, didapatkanlah tiga segmentasi pasar, yaitu
klaster extra income seeker, business savvy, dan convenience seeker. Business savvy ditetapkan
sebagai target pasar menggunakan metode recency, frequency, dan monetary (RFM). Posisi
pasar dari “KirimAja” tertuang dalam suatu tools bulls eye positioning dengan mantra merek
berupa “A new way for parcel delivery: get commission for every transaction”. Strategi
pemasaran yang diusulkan oleh peneliti adalah implementasi program kampanye dan
pemasangan iklan berbayar pada home media sosial.