digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA Muhammad Fajar Amanullah
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

LAMPIRAN
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» ITB

Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar dan tercepat di dunia yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Pariwisata dianggap sebagai aset yang strategis untuk mendorong pembangunan wilayah yang mempunyai objek wisata . Pariwisata dapat disebut sebagai produk yang mampu bersaing jika destinasi wisata menarik dan kompetitif dibandingkan destinasi wisata daerah lain. Daya saing dianggap penting karena dapat mendorong produktivitas, meningkatkan kemampuan mandiri, meningkatkan kapasitas ekonomi, dan mekanisme pasar lebih akan menjadi efisien. Hal ini menjadi peluang bagi daerah yang memiliki potensi wisata alam untuk memanfaatkannya secara maksimal untuk menarik wisatawan. Kabupaten Kuningan yang memiliki bentang alam sehingga mendukung untuk dikembangkannya wisata alam dan mampu menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing pariwisata Kabupaten Kuningan . Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis konten dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengeluarkan 8 indikator daya saing pariwisata yang didalamnya terdapat data atau pengukuran, yakni Human Tourism Indicator (HTI), Price Competitiveness Indicator (PCI), Infrastructure Development Indicator (IDI), Environment Indicator (EI), Technology Advancement Indicator (TAI), Human Resources Indicator (HRI), Openness Indicator (OI), dan Social Development Indicator (SDI). Dengan indikator tersebut, Kabupaten Kuningan mendapatkan nilai sebesar 54,266 dari 100. Nilai ini dapat menunjukan daya saing pariwisata Kabupaten Kuningan yang cukup berdaya saing.