Teknologi di Indonesia kerap berkembang dari tahun ke tahun, pandemi
COVID-19 yang melanda dunia juga kerap mengubah kebiasaan masyarakat
Indonesia. Segala sesuatu hal dapat dilakukan di rumah, salah satunya adalah
berbelanja. Tokopedia merupakan salah satu penggiat e-commerce di Indonesia.
Dalam memilih tempat melakukan transaksi jual beli secara daring, diperlukan
pertimbangan yang baik berdasarkan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi
keputusan pembelian. Faktor-faktor tersebut diantaranya ialah kepercayaan,
keamanan, kelengkapan, dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk
membangun model matematika dari pengaruh kepercayaan, keamanan,
kelengkapan, dan pemasaran terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.
Permodelan dibangun untuk memperoleh faktor apa saja yang mempengaruhi
keputusan pembelian di Tokopedia dengan menggunakan Regresi Linear Berganda.
Permisalan yang dilakukan pada penelitian ini adalah variabel bebas terdiri dari
Kepercayaan (????!), Keamanan (????"), Kelengkapan (????#), dan Pemasaran (????$) dengan
variabel terikat Keputusan Pembelian (????).
Tugas akhir ini dimulai dengan mengumpulkan data menggunakan
kuesioner dengan pertanyaan metode Skala Likert 5-poin. Kemudian diolah
statistika deskriptif dari hasil kuesioner penelitiannya. Dari matriks korelasi, terlihat
bahwa variabel bebas yang memiliki hubungan linear paling besar dengan variabel
terikat adalah kepercayaan (????!) dan pemasaran (????$). Uji validitas dan uji reliabilitas
menghasilkan bahwa pertanyaan valid dan seluruh variabel reliabel. Regresi linear
berganda dilakukan untuk 11 (sebelas) kombinasi variabel, yaitu model dengan
koombinasi 4 (empat) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat, model dengan
kombinasi 3 (tiga) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat, dan model
dengan kombinasi 2 (dua) variabel bebas dengan 1 (satu) variabel terikat. Dalam
analisis regresi linear berganda, dilakukan uji hipotesis parsial, untuk mengetahui
pengaruh masing-masing variabel dalam model secara parsial, dan uji hipotesis
simultan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel dalam model secara
simultan. Didapatkan hasil analisis regresi linear berganda terkait pengaruh variabel
dalam model secara parsial, pengaruh variabel dalam model secara simultan, dan
pengaruh variabel dalam model melalui nilai Adjusted R Square. Dengan
membandingkan seluruh kombinasi variabel, dipilih model regresi linear berganda
yang memiliki pengaruh variabel dalam model. Dari seluruh variabel, model yang
berpengaruh secara parsial terpilih model regresi dengan variabel kepercayaan (????!)
dan pemasaran (????$). Terhadap model tersebut kemudian akan dilakukan uji asumsi klasik regresi yang berisi uji multikolinearitas, uji normalitas residu, dan uji
heteroskedastisitas. Ciri-ciri model regresi linear yang baik adalah yang tidak
terjadi multikolinearitas, memiliki residu berdistribusi normal, dan tidak terjadi
heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik regresi menunjukkan bahwa model
regresi dengan variabel kepercayaan (????!) dan pemasaran (????$) tidak terjadi
multikolinearitas, memiliki residu berdistribusi normal, dan tidak terjadi
heteroskedastisitas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa model
matematika dari pengaruh kepercayaan, kemanan, kelengkapan, dan pemasaran
terhadap keputusan pembelian di Tokopedia adalah ???? = 0.207 + 0.353????! +
0.320????$ dan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah
kepercayaan dan pemasaran dengan pengaruh sebesar 43% (empat puluh tiga
persen).