digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Jennifer Priscilla Suryadjaja
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Perkembangan internet memacu pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia untuk mulai bergerak menggunakan teknologi digital atau e-commerce. Salah satu aspek penting yang harus dipelihara oleh bisnis online adalah mampu menyediakan dan memelihara kepuasan pembeli. Tingkat kepuasan pembeli dapat dipengaruhi oleh risiko bisnis online, seperti proses pengiriman barang, ketidakamanan dalam penggunaan dan penyimpanan data informasi pribadi pembeli, pelayanan yang diberikan, dan proses pembayaran yang tidak memadai. Kepuasan pembeli dapat diindikasikan melalui review yang diberikan kepada bisnis online. Review negatif menunjukkan adanya ketidakpuasan pembeli. Ketidakpuasan pembeli dan review negatif dapat menimbulkan kerugian yang tidak pasti bagi penjual. Oleh karena itu, dibutuhkan asuransi kerugian bisnis online untuk penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar premi asuransi yang harus dibayarkan oleh penjual sebagai bentuk alokasi risiko bisnis online dengan distribusi Multinomial, Metode Maximum Likelihood Estimation, dan Equilibrium Condition.