digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 8,9%. Perkembangan teknologi informasi dan internet dapat mempermudah bisnis. Perkembangan internet, media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sudah mulai dimanfaatkan untuk keperluan jual beli online. Hal ini akan menjadi peluang bagi Hoodie Center, salah satu bisnis online di bidang fashion, untuk dapat memanfaatkan penggunaan internet dan media sosial untuk keperluan bisnis. Ditambah lagi, produk hoodie yang sedang tren di kalangan milenial, hal ini akan membuka jalan bagi Hoodie Center untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, ketika produk hoodie sedang trending, Pusat Hoodie justru mengalami penurunan penjualan. Selain itu, Hoodie Center juga telah mengeluarkan biaya iklan yang cukup banyak. Dalam satu tahun, biaya yang mereka keluarkan untuk iklan adalah Rp. 80.000.000. Namun besarnya biaya iklan yang telah dikeluarkan juga tidak mempengaruhi penjualan Hoodie Center, mereka tetap mengalami penurunan penjualan walaupun sudah aktif mengiklankan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal serta mengusulkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan Hoodie Center. Analisis lingkungan eksternal dilakukan dengan menggunakan PESTEL, Porter's Five Forces, analisis pesaing, dan analisis konsumen. Dari analisis lingkungan eksternal perusahaan, ditemukan beberapa peluang dan ancaman di luar lingkungan perusahaan yang dapat mempengaruhi bisnis Hoodie Center. Analisis lingkungan internal dilakukan dengan menggunakan analisis STP, analisis bauran pemasaran, dan VRIO. Berdasarkan analisis lingkungan internal perusahaan, beberapa aspek dikategorikan sebagai kekuatan dan kelemahan yang berasal dari dalam perusahaan. SEM-PLS digunakan sebagai alat untuk mengukur korelasi antar variabel dalam penelitian ini, yang merupakan bagian dari analisis konsumen dan selanjutnya akan menjadi salah satu pertimbangan dalam pembuatan SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan menggabungkan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan dan akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan matriks TOWS. Strategi alternatif dirumuskan dengan menggunakan matriks TOWS. Melalui matriks TOWS, dihasilkan beberapa strategi yang akan diterapkan oleh perusahaan.