digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SEKA merupakan perusahaan sabun organik yang belakangan merombak pasarnya menjadi pasar B2B yang mana hotel dan resort, dari sebelumnya membidik pasar retail. SEKA telah mencoba menembus beberapa hotel tetapi tidak menemukan daya tarik di pasarnya, sehingga analisis perilaku perlu dilakukan untuk mengetahui strategi implementasi agar sesuai dengan perilaku pasar. Untuk menganalisisnya, penelitian ini akan menggunakan analisis BANT yang merupakan singkatan dari Budget, Authorities, Need dan Timeline untuk memahami perilaku tersebut secara utuh. Dalam menganalisis, peneliti menggunakan 2 hotel di Bandung sebagai objek penelitian, satu adalah hotel yang dipasarkan anak muda dan yang lainnya adalah hotel yang ditargetkan untuk keluarga, dan hotel tersebut adalah Bumi Bandhawa dan Uma Gati. penelitian ini dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara sampai diperoleh data. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan perilaku. Temuan utama yang sangat mempengaruhi ketidakmampuan SEKA untuk melakukan penetrasi adalah bentuk sabunnya, dimana SEKA menggunakan sabun batangan padat dan hotel-hotel umum saat ini menggunakan bentuk cair. Untuk dapat menembus pasar, SEKA harus terus mengembangkan produknya. Keywords: organic soap, resort and hotels in, market penetration, BANT framework, soap form,