digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mal Perdagangan Koja pernah menghadapi kebangkrutan yang cukup parah dimana menyebabkan pendapatan menurun dan akhirnya mengakibatkan pemecatan karyawan. Perusahaan juga menghadapi masalah kemampuan membayar karyawan yang akhirnya mempengaruhi kinerja karyawan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pelatihan yang telah dilakukan di Koja Trade Mall adalah pelatihan dalam bekerja, khususnya di divisi pemasaran. Berdasarkan pengawas divisi pemasaran, dampak pelatihan di tempat kerja tidak berlangsung lama pada karyawan sehingga dinilai kurang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan pelatihan di tempat kerja tidak efektif di divisi pemasaran Koja Trade Mall dan bagaimana memperbaikinya. Penelitian ini menggunakan metode naratif untuk memahami identitas secara global dengan mengaitkan cerita yang peneliti dengarkan dari wawancara dan mempelajari aktivitas harian karyawan mengenai pelatihan di tempat kerja. Dengan mengajukan pertanyaan tentang efektivitas pelatihan Kirkpatrick. Hasil efektivitas pelatihan di tempat kerja menunjukkan bahwa berdasarkan empat tingkat efektivitas pelatihan Kirkpatrick, ada beberapa tingkatan yang tidak dipenuhi oleh divisi pemasaran Koja Trade Mall. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pihak eksternal dalam melakukan pelatihan khusus bagi karyawan untuk meningkatkan pengetahuan mereka.