digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penggunaan merchandise sebagai salah satu tools promotional marketing sudah dilakukan oleh banyak komunitas dan klub. Performa penjualan merchandise juga tidak luput karena pengaruh dari komunitas atau klub tersebut. Makin terkenal brand makin laku juga merchandisenya. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti bagaimana pandangan dan loyalitas terhadap brand Shift. Shift sendiri adalah gerakan pemuda hijrah yang ingin mendekatkan diri kepada Allah. Peneliti akan membahas penelitian ini dengan variabel dari pengetahuan tentang merek, kepuasan terhadap merek, identitas merek, loyalitas merek, pandangan merek ditambahkan variabel pemasaran digital dan persepsi kualitas terhadap keputusan niat beli pelanggan. Peneliti menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan dengan form online dan diolah dengan program SmartPLS. Sampel untuk penelitian ini memiliki jumlah sebanyak 436 responden, dengan syarat mereka yang tahu tentang Shift dan Shift Merchandise. Peneliti mendapatkan hasil bahwa PLS-SEM dapat mengukur efek dari independent variables terhadap dependent variable dari niat beli. Peneliti juga menemukan fakta bahwa dalam penelitian ini loyalitas terhadap merek dan pemasaran digital mempunyai hubungan yang kuat terhadap niat beli. Hasil dari analisis memberikan rekomendasi yang perlu dipertimbangkan marketers dan Shift untuk menaikan niat beli customer.