COVER Prahita Sri Rahayuningrat
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-CHAPTER I.pdf
]
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-CHAPTER II.pdf)u
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-CHAPTER III.pdf?
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-CHAPTER IV.pdf)u
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-CHAPTER V.pdf
]
PUBLIC Kartika 2021 TS PP PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT 1-REFERENCE.pdf
]
PUBLIC Kartika
Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan instragram saat ini adalah alat
komunikasi paling masif penggunaannya bagi masyarakat banyak. Tidak hanya
sebagai media komunikasi, media sosial juga digunakan sebagai alat promosi dan
sebagai alat penilaian untuk tinjauan produk yang paling jujur dan realtime (analisis
sentimen). Ketika membuka media sosial kemudian mencari kata kunci untuk
produk atau lokasi yang kita telusuri, maka dengan cepat akan mendapatkan
peninjauan suatu produk atau lokasi yang kita cari tersebut. Mudah dan cepat adalah
alasan orang lebih mempercayai media sosial saat ini. Ulasan yang didapat bisa
positif atau negatif, tergantung kondisi sebenarnya yang terjadi pada saat sedang
mencari ulasan tersebut, sehingga memungkinan hasil ulasan yang dicari dapat
berubah di waktu lain. Pada awalnya, hasil ulasan adalah negatif tetapi pada tahun
berikutnya hasil ulasan dapat berubah menjadi positif, hal ini kemungkinan dapat
terjadi dikarenakan lokasi atau produk tersebut sudah diperbaiki oleh masyarakat
sekitar atau oleh pemerintah lokal (para pengambil keputusan), maka produk atau
lokasi yang buruk atau tidak cukup baik dapat berubah menjadi baik. Saat ini
penambangan teks sangat diperlukan untuk memperoleh informasi yang tepat, cepat
serta banyak. Analisis sentimen bekerja dengan menemukan, menggali, dan
mengelompokkan data polaritas dari teks yang ada dalam dokumen, kalimat, atau
fitur / tingkat aspek dan menentukan keadaan pendapat yang dinyatakan dalam
dokumen, kalimat atau fitur entitas / aspek positif, negatif atau netral (Hall, 2014;
Munarwan & Sinaga, 2017). Penelitian ini menggunakan R studio untuk
memproses data penambangan teks dari Twitter mengenai kondisi pariwisata di
Bandung melalui analisis sentimen. Analisis sentimen dapat menentukan hasil
ulasan dari media sosial (berupa ulasan positif atau negatif). Hasil dari penelitian
ini diharapkan dapat membantu para akademisi untuk menambah bahan tinjauan
pusataka mereka dan juga untuk membantu para pengambil keputusan untuk
menentukan bagian mana yang harus diperbaiki dan bagian mana yang tetap dijaga
dalam konteks pariwisata di Bandung. Beberapa temuan yang masih harus
diperbaiki di area pariwisata di kota bandung adalah: pesawat, kereta, bus, angkutan
kota, taksi, berkuda, mengungungi taman, budaya, TV, hostel & Villa. Sedangkan
hal-hal yang sudah baik, hanya tinggal perlu di maintain saja adalah: Travel, Damri,
Gojek, Grab, Bersepeda, Berenang, Kemping, berendam, mengunjungi
perkebunan, mengunjungi festival, sejarah, berbelanja, mengunjungi museum,
mengunjungi tempat peribadatan, kuliner, majalah, facebook, twitter, radio,
instagram, hotel budget & Hotel.