ABSTRAK Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati COVER Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati
BAB 1 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati
Penentuan rute kendaraan merupakan salah satu keputusan penting dalam kegiatan
operasional perusahaan. Aktivitas distribusi air minum kemasan oleh PT. X adalah
masalah rute kendaraan (MRK) dengan pengiriman dan pengambilan simultan,
yang berarti terdapat aktivitas pengiriman dan pengambilan barang di pelanggan
secara bersamaan. Berangkat dari permasalahan yang terjadi pada PT. X, maka
pada penelitian ini dilakukan pengembangan model matematis dan pengembangan
algoritma metaheuristik untuk masalah rute kendaraan yang mempertimbangkan
karakteristik kendaraan heterogen, rute majemuk, jendela waktu majemuk, dan
pengantaran-penjemputan simultan atau disingkat MRK-HRMJWMPPS.
Model matematis yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming
(MILP) dengan kriteria performansi yaitu meminimumkan total biaya transportasi.
Pencarian solusi dengan metode MILP dapat dilakukan pada permasalahan dalam
skala kecil, namun waktu komputasi meningkat secara eksponensial seiring dengan
pertambahan jumlah data. Algoritma Variable Neighborhood Descent (VND)
dikembangkan untuk mengatasi lamanya waktu komputasi yang diperlukan pada
metode MILP. Pencarian solusi awal VND menggunakan algoritma Sequential
Insertion (SI). Model matematis dan algoritma VND yang dikembangkan pada
penelitian ini dapat memecahkan permasalahan MRK-HRMJWMPPS, dari
komputasi set data menghasilkan solusi layak untuk 5 hingga 7 pelanggan dengan
persentase perbedaan antara solusi MILP dan VND yaitu 16,88%. Dilakukan juga
uji coba data dengan 20, 50, dan 100 pelanggan pada penelitian ini menggunakan
algoritma SI dan VND. Model dan algoritma yang dikembangkan juga dapat
digunakan pada model MRK lainnya, yaitu MRK-RMJWPPS untuk kendaraan
homogen terbatas, MRK dengan rute majemuk, jendela waktu tunggal, dan
pengiriman dan pengambilan simultan, serta untuk MRK-HRMJWMPPS untuk