digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Jessica
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi COVID-19 yang menyebar dengan cepat menyebabkan perubahan perilaku dan mempercepat adopsi teknologi dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam urusan perbankan. Pertumbuhan fintech khususnya P2P Lending menjadi alternatif bagi pelaku UMKM mendapatkan pinjaman untuk perkembangan bisnis mereka. Melihat fenomena yang terjadi mendorong Bank Teman, melalui salah satu unit bisnisnya yaitu Teman Bisnis, melakukan inovasi dengan melakukan digitalisasi untuk nasabah UKM dengan membangun platform Digital SME. PESTLE framework digunakan untuk menganalisa faktor eksternal yang mempengaruhi dalam pengembangan platform Digital SME. Segmentation, targeting dan positioning (STP) dan analisa persona digunakan agar produk yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan aspirasi nasabah. Analisa ukuran pasar dilakukan untuk mengetahui potensi pasar, analisa kompetitor dilakukan agar dapat memahami solusi yang sudah ada di pasar dan mencari faktor pembeda yang dapat dibangun dalam platform Digital SME. Analisa akar masalah dilakukan untuk mengetahui permasalah mendasar sehingga dalam pembuatan plarform Digital SME dapat tepat sasaran dalam menyelesaikan masalah baik bagi nasabah dan juga Bank Teman. Framework proposisi nilai digunakan untuk mengetahui kesulitan dan keuntungan nasabah dalam menjalankan kegiatan usahanya sehingga dapat dibangun fitur dalam platform Digital SME yang dapat memberilan nilai bagi nasabah. Prototipe dan persyaratan produk dibuat agar memberikan gambaran secara lebih jelas mengenai produk yang akan dibangun. Kanvas model bisnis dibuat untuk memberi gambaran secara komperhensif kepada perusahaan dalam merumuskan strategi. Pengusaha SME yang merupakan generasi millenial merupakan target marketu utama untuk platform Digital SME. Fitur alat bantu bisnis, transaksi dan pinjaman digital merupakan fitur yang diusulkan dibangun dalam platform Digital SME. Kolaborasi dengan berbagai pihak seperti penyedia layanan pencatatan keuangan, penyedia layanan tanda tangan digital dan pihak terkait lainnya dapat membantu mempercepat dalam pengembangan platform Digital SME.