digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jasa konsultasi lingkungan merupakan salah satu operasional bisnis yang dilakukan oleh PT MELATI kepada beberapa kliennya sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi pemerintah tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PP No. 22 Tahun 2021). Beberapa project pembuatan izin lingkungan seperti AMDAL dan UKL-UPL didapatkan oleh PT MELATI dari partisipasi tender yang diselenggarakan oleh beberapa instansi baik pemerintah maupun pihak swasta. Oleh karena itu, untuk menjadi pemenang tender, PT MELATI perlu menjadi penawar terendah pada setiap proses procurement yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi penawaran yang kompetitif untuk PT MELATI sehingga dapat memiliki frekuensi pemenangan tender yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode fishbone diagram untuk menentukan faktor utama penyebab kurang kompetitifnya harga penawaran yang diberikan oleh perusahaan. Tahap selanjutnya adalah melakukan perhitungan probabilitas harga penawaran PT MELATI lebih kecil daripada harga penawaran competitor menggunakan tiga pendekatan distribusi, yaitu multi discrete distribution, multi normal distribution, dan single normal distribution. Kemudian masing-masing pendekatan tersebut diimplementasikan pada tiga model penawaran yaitu model Friedman, Gates, dan Ackoff-Sasieni. Adapun hasil dari perhitungan model penawaran adalah nilai markup dan expected profit yang akan dibandingkan dengan harga penawaran pada satu paket model untuk mendapatkan analisis hasil terbaik antara hasil model dengan strategi penawaran PT MELATI sebelumnya. Berdasarkan analisis masingmasing model dengan tiga pendekatan distribusi, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan multi normal distribution pada model penawaran Gates memiliki markup dan expected profit yang sesuai dengan target perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan implementasi model ini pada tim tender dan pengadaan PT MELATI dengan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan akurasi pada model penawaran tersebut.