Kemajuan teknologi telah mengubah sistem pembayaran dalam transaksi
komersial yang sebelumnya hanya mengandalkan uang tunai, kini berkembang menjadi
sistem nontunai yang lebih efisien dan hemat biaya. Bagi banyak orang Indonesia,
menggunakan e-wallet untuk mentransfer pembayaran langsung dari rekening bank
mereka ke toko menjadi pilihan yang lebih menarik. Namun menurut data yang
diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Q2 20192020, pengguna
Gopay, OVO, DANA, Shopee Pay, dan LinkAja di Indonesia masih rendah, yakni kurang dari 7% dari populasi. Namun dompet digital adalah metode pembayaran pendakian tercepat di Indonesia. Mereka tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 47% hingga 2021. Ini menunjukkan bahwa dompet
digital memiliki kekuatan potensial untuk tumbuh di Indonesia. Perusahaan fintech
perlu memahami faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam
mengadopsi atau menggunakan dompet digital dan mengetahui strategi yang dapat
membantu meningkatkan jumlah pengguna dompet digital di Indonesia. Pada dasarnya,
penelitian ini menggunakan UTAUT dan UTAUT 2, serta dua jurnal lainnya untuk
menyusun modelnya. Jadi variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harapan
kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitasi, nilai harga, inovasi, dan
keamanan teknologi. Selain itu, seiring merebaknya pandemi COVID-19, pemerintah
di banyak negara mengambil langkah untuk mendorong pembayaran nirsentuh. Jadi,
risiko yang dirasakan, manfaat yang dirasakan, dan dukungan pemerintah ditambahkan
sebagai konstruksi dalam model.
Setelah mengumpulkan 100 data kuesioner, dilakukan pengujian principal
component analysis (PCA) menggunakan SPSS dan model outer dan inner research
diuji menggunakan metode SEM-PLS. Berdasarkan hasil PCA, dari 11 variabel dan 28
indikator dikurangi menjadi 8 variabel dan 26 indikator. Model bagian dalam diuji
menggunakan uji T ditemukan bahwa risiko yang dirasakan dan dukungan pemerintah
mempengaruhi manfaat yang dirasakan. Kemudian, harapan kinerja, nilai harga, dan
manfaat yang dirasakan mempengaruhi niat untuk menggunakan dompet digital/ewallet.
Berdasarkan variabel-variabel tersebut, disusun beberapa rekomendasi atau
strategi yang dapat diberikan.