digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 6 Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA Ahmad Mujadid
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

2021 TA PP AHMAD MUJADID_JURNAL.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

Ruang terbuka publik merupakan elemen kota yang dinilai mampu mengatur kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat di kawasan perkotaan. Akan tetapi, saat ini banyak terjadi penurunan kualitas fungsi ruang terbuka publik sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas ruang perkotaan sekitarnya. Salah satu ruang terbuka publik di perkotaan adalah alun-alun. Alun-alun merupakan ruang terbuka publik yang memiliki nilai sosial, budaya, lingkungan dan ekonomi. Alun-alun Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu alun-alun yang ramai dikunjungi namun memiliki persoalan yang kompleks karena lokasinya berada di Jalan Pantura yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis dalam kepentingan ekonomi. Keragaman kegiatan yang muncul menimbulkan persoalan terkait kerusakan fasilitas yang ada dengan tidak dibarengi pemeliharaan atau pemugaran pada beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan. Pengendalian pedagang kaki lima yang kurang baik juga mempengaruhi nilai estetika pada Alunalun Brebes. Adapun juga parkir yang bercampur dengan lapak pedagang kaki lima sering menghambat bahu jalan sehingga kerap terjadi kemacetan di sekitarnya. Maka dari itu, diperlukan pemulihan dengan merancang ulang Alun-alun Brebes. Metode perancangan yang digunakan dalam analisis ini adalah fragmental method dengan konsep perancangan kota placemaking. Konsep ini dinilai memiliki penilaian yang relevan untuk memulihkan suatu tempat karena menggunakan pendekatan yang mengacu pada elemen good place, yang meliputi access & linkage, comfort & image, uses & activity, dan sociability.