Gangguan pendengaran pada siswa tidak hanya menyebabkan terganggunya sistem
komunikasi, tapi juga berdampak pada akademis siswa. Kegaiatan belajar mengajar
yang menjadi hal krusial bagi siswa menjadi terhambat dan sering kali tidak berjalan
dengan semestinya karena keterbatasan kapasitas sensori siswa untuk memahami
bahasa secara induktif. Komunikasi antara guru maupun orang tua dan siswa tuli sering
mengalami kendala karena keterbatasan ini. Matematika adalah salah satu cabang ilmu
yang sukar untuk dijelaskan kepada siswa tuli karena keabstrakannya. Padahal,
pemahaman akan matematika sendiri menjadi sangat penting terutama pada era
modern di mana digitaliasi berkembang pesat agar nantinya siswa dapat unggul
bersaing dalam persaingan global. Hal yang paling penting dari matematika sendiri
adalah pemahaman dan logika. Pemahaman konsep matematika cenderung susah
dijelaskan dengan hanya menunjukkan angka dan rumus seperti pada umumnya. Angka
dan rumus merupakan bentuk abstraksi dan hasil akhir proses berpikir, bukan konsep
dasar dari matematika itu sendiri. Dibutuhkan panduan untuk berpikir secara runtut
yang dapat diajarkan dan dipahami oleh siswa tuli secara mudah dan jelas. Oleh karena
itu, perancangan Aplikasi Konsep Perkalian Dasar berbasis Gamifikasi ini dibuat untuk
tujuan mengemas pembelajaran terkait konsep perkalian dasar secara konkret dan
interaktif. Runtutan cara berpikir logis matematis divisualisikan melalui gambar dan
dibawakan dalam tema berkebun yang dekat dan digemari siswa sebagai implementasi
matematika dalam kehidupan sehari?hari, seperti menghitung jumlah benda dan
kegiatan transaksi jual?beli. Perancangan ini mengarah pada aplikasi edutainment yang
telah banyak digunakan untuk menjadi media pembelajaran yang ringan dan
menghibur dengan meningkatkan self?satisfication pengguna melalui berbagai rewards
yang diberikan. Dengan adanya perancangan ini, penulis berharap agar siswa tuli dapat
memahami lebih jelas informasi pembalajaran yang dibutuhkan dan yang paling
penting target tertarik untuk terus belajar dan mengimplentasikan konsep matematika
dalam keseharian mereka.