ABSTRAK Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Nadifa Adila
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
2021 TA PP NADIFA ADILA_LAMPIRAN.pdf?
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Besarnya penduduk dan keragaman aktivitas di kota-kota metropolitan
mengakibatkan munculnya persoalan dalam pelayanan prasarana perkotaan, seperti
masalah sampah. DKI Jakarta memiliki permasalahan peningkatan penduduk yang
diiringi dengan peningkatan tonase sampah setiap tahunnya. Permasalahan sampah
DKI Jakarta terkait dengan komposisi sampah plastik sebagai sampah anorganik
dengan persentase tertinggi yang tidak dapat terdekomposisi secara ilmiah dan
menyebabkan permasalahan lingkungan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespon
dengan program “Pasar Bebas Plastik” sebagai bentuk implementasi Peraturan
Gubernur No. 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah
Lingkungan (KBRL) khususnya pada pasar rakyat. Intensi konsumen dalam
menggunakan KBRL merupakan faktor penting dalam keberhasilan program ini. Oleh
sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensi konsumen dan
merumuskan strategi kebijakan dalam penggunaan KBRL di Pasar Tebet Barat. Pasar
Tebet Barat terpilih sebagai lokasi studi karena merupakan pasar percontohan dari
program ini. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan survei primer melalui
penyebaran kuesioner daring, wawancara, oberservasi, dan survei sekunder dengan
studi kepustakaan. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif statistik, analisis
asosiasi koefisien kontingensi dan gamma, analisis Structural Equation Modeling, dan
analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 9 variabel utama yakni variabel
demografis, pengetahuan kebijakan, norma pribadi, sikap perilaku, kepedulian
lingkungan, kontrol perilaku, efikasi respon, norma subjektif, dan intensi membawa
KBRL. Penelitian ini menghasilkan faktor-faktor yang signifikan berpengaruh
terhadap terhadap intensi konsumen dalam penggunaan KBRL yaitu norma pribadi,
sikap perilaku, kontrol perilaku, dan norma subjektif. Strategi peningkatan
implementasi program pasar bebas plastik di DKI Jakarta terumuskan, yakni perlunya
pemberian insentif untuk penyedia KBRL, pemberlakuan mekanisme insentifdisinsentif, peningkatan pengawasan implementasi program, penerapan mekanisme
penetapan harga KBRL, peningkatan sosialisasi kebijakan secara menyeluruh, dan
peningkatan sosialisasi urgensi pengurangan kantong plastik sekali pakai.