Platform Online Music Streaming (OMS) merupakan salah satu kontributor terbesar
terhadap pendapatan industri musik. Akan tetapi, sumber penghasilan platform OMS
terbatas pada dua sumber; layanan premium dan iklan berbayar. Sebagian besar
pengguna platform OMS menggunakan layanan gratis dan mereka tersebar dalam tiga
generasi secara berurutan; generasi X, Y, dan Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
(1) mengetahui perbedaan dari dampak usia dan perilaku masing-masing generasi dalam
persepsinya terhadap platform OMS; (2) menemukan dampak dari persepsi mereka
terhadap niat beli layanan premium di OMS. Penelitian ini melibatkan 402 responden
dari Indonesia dan dianalisa menggunakan metode SEM-PLS. Hasil menunjukan bahwa
hanya generasi X yang memiliki pengaruh berbeda terhadap persepsi konsumennya.
Generasi Y dan Z memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived usefulness,
perceived enjoyment, dan perceived trust. Namun, hanya perceived usefulness yang
memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli layanan premium mereka. Sementara
itu, generasi X memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap perceived trust dan
tidak ada satu pun persepsinya yang berpengaruh pada niatnya dalam membeli layanan
premium di platform OMS. Maka dari itu, platform OMS direkomendasikan untuk
fokus terhadap pasar generasi Y dan Z seiring dengan disarankannya penelitian lebih
jauh terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli di platform digital pada
generasi X secara spesifik.