digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Platform Online Music Streaming (OMS) merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap pendapatan industri musik. Akan tetapi, sumber penghasilan platform OMS terbatas pada dua sumber; layanan premium dan iklan berbayar. Sebagian besar pengguna platform OMS menggunakan layanan gratis dan mereka tersebar dalam tiga generasi secara berurutan; generasi X, Y, dan Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan dari dampak usia dan perilaku masing-masing generasi dalam persepsinya terhadap platform OMS; (2) menemukan dampak dari persepsi mereka terhadap niat beli layanan premium di OMS. Penelitian ini melibatkan 402 responden dari Indonesia dan dianalisa menggunakan metode SEM-PLS. Hasil menunjukan bahwa hanya generasi X yang memiliki pengaruh berbeda terhadap persepsi konsumennya. Generasi Y dan Z memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived usefulness, perceived enjoyment, dan perceived trust. Namun, hanya perceived usefulness yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli layanan premium mereka. Sementara itu, generasi X memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap perceived trust dan tidak ada satu pun persepsinya yang berpengaruh pada niatnya dalam membeli layanan premium di platform OMS. Maka dari itu, platform OMS direkomendasikan untuk fokus terhadap pasar generasi Y dan Z seiring dengan disarankannya penelitian lebih jauh terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli di platform digital pada generasi X secara spesifik.