digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 2 ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 3 ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 4 ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 5 ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

PUSTAKA ZAKKI ZAINUDDIN FAKHRI
PUBLIC Irwan Sofiyan

Berdasarkan tinggi rendahnya wilayah, keadaan geografis Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu daerah pantai, dataran rendah serta dataran tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sangat membutuhkan infrastruktur yang dapat menghubungkan seluruh wilayah guna memudahkan kegiatan mobilitas masyarakat dan meningkatkan sektor ekonomi di setiap daerah. Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan untuk menghubungkan akses antar wilayah di Indonesia adalah Jembatan. Namun, penurunan kondisi atau kerusakan jembatan tentunya akan terjadi seiring bertambahnya waktu.Kerusakan pada jembatan diakibatkan oleh berbagai faktor, baik itu faktor cuaca, lingkungan, beban yang dipikul maupun umur dari jembatan itu sendiri. Upaya mempertahakan suatu struktur jembatan dari penurunan kondisi dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan secara berkala salah satunya adalah dengan memasang sensor pada jembatan. Output dari sensor tersebut memerlukan data bank yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan kondisi dari struktur jembatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat menyediakan bank data untuk digunakan dalam pengujian struktur jembatan di lapangan. Dalam upaya mengembangkan penelitian ini, maka diperlukan pemodelan finite element analysis (FEA) dengan bantuan aplikasi Midas Civil 2019, sehingga dapat dilakukan penelitian mengenai pemeriksaan kondisi struktur dengan menggunakan respon dinamik yang terjadi pada pemodelan struktur jembatan. Adapun jenis jembatan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah jenis jembatan PCI Girder dengan bentang 40.8 m dengan CTC 1.85 m. Perilaku struktur yang ditinjau pada pemodelan jembatan FEA adalah periode struktur, frekuensi alami dan deformasi akibat variasi tingkat kerusakan, lokasi kerusakan dan beban kendaraan.