RA Planner Bookstore adalah perusahaan yang menghadirkan nuansa baru dalam proses
pemeliharaan jurnal harian, dengan fitur-fitur seperti desain yang menarik, kemudahan
penggunaan, dan tentunya desain yang unik setiap tahunnya. Dalam produk journal/planner, RA
Planner selalu berusaha menghadirkan inovasi dengan desain baru, spesifikasi baru, atau masa
depan baru. Sejak tahun 2020, kinerja penjualan yang memburuk menjadi salah satu tantangan
paling mendesak yang harus diatasi untuk memastikan kelangsungan operasi perusahaan dalam
jangka panjang. Sementara tren peningkatan belanja online dan e-commerce mulai mendominasi
pasar Indonesia, jaringan perusahaan Mitra mengalami penurunan kinerja penjualan untuk produk
lainnya. Ketidakmampuan untuk memahami kategori konsumen utama dan kurangnya eksekusi
pemasaran telah muncul sebagai penyebab utama penurunan penjualan baru-baru ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan penurunan penjualan.
Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif, dengan yang pertama mengandalkan
analisis internal dan yang terakhir pada distribusi kuesioner kepada responden. Untuk memvalidasi
pemetaan nilai pelanggan, metode kuantitatif digunakan untuk mengirimkan kuesioner kepada 301
responden. Permasalahan internal yang terjadi di dalam perusahaan diamati dengan menggunakan
metode kualitatif. Penggabungan analisis statistik menggunakan ANOVA dan analisis data
internal kualitatif, dalam analisis akhir.
Akibatnya, kategori pelanggan Toko Buku RA Planner dibagi menjadi tiga kelompok. Temuan
studi ini membantu RA Planner dalam lebih memahami target niche utama mereka,
mengembangkan produk baru, dan menerapkan taktik pemasaran. Tujuan dari strategi
implementasi adalah untuk memaksimalkan proses upgrade produk, konten kreatif, dan promosi
pemasaran. Kegiatan ini akan membantu divisi produk dan pemasaran RA Planner dalam
menghadapi ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat.