digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

RA Planner Bookstore adalah perusahaan yang menghadirkan nuansa baru dalam proses pemeliharaan jurnal harian, dengan fitur-fitur seperti desain yang menarik, kemudahan penggunaan, dan tentunya desain yang unik setiap tahunnya. Dalam produk journal/planner, RA Planner selalu berusaha menghadirkan inovasi dengan desain baru, spesifikasi baru, atau masa depan baru. Sejak tahun 2020, kinerja penjualan yang memburuk menjadi salah satu tantangan paling mendesak yang harus diatasi untuk memastikan kelangsungan operasi perusahaan dalam jangka panjang. Sementara tren peningkatan belanja online dan e-commerce mulai mendominasi pasar Indonesia, jaringan perusahaan Mitra mengalami penurunan kinerja penjualan untuk produk lainnya. Ketidakmampuan untuk memahami kategori konsumen utama dan kurangnya eksekusi pemasaran telah muncul sebagai penyebab utama penurunan penjualan baru-baru ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan penurunan penjualan. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif, dengan yang pertama mengandalkan analisis internal dan yang terakhir pada distribusi kuesioner kepada responden. Untuk memvalidasi pemetaan nilai pelanggan, metode kuantitatif digunakan untuk mengirimkan kuesioner kepada 301 responden. Permasalahan internal yang terjadi di dalam perusahaan diamati dengan menggunakan metode kualitatif. Penggabungan analisis statistik menggunakan ANOVA dan analisis data internal kualitatif, dalam analisis akhir. Akibatnya, kategori pelanggan Toko Buku RA Planner dibagi menjadi tiga kelompok. Temuan studi ini membantu RA Planner dalam lebih memahami target niche utama mereka, mengembangkan produk baru, dan menerapkan taktik pemasaran. Tujuan dari strategi implementasi adalah untuk memaksimalkan proses upgrade produk, konten kreatif, dan promosi pemasaran. Kegiatan ini akan membantu divisi produk dan pemasaran RA Planner dalam menghadapi ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat.