digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Arina Fany
PUBLIC Dewi Supryati

COVER - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Arina Fany
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Arina Fany.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT So Good Food adalah perusahaan pangan yang menawarkan berbagai jenis produk frozen food. Salah satu depo yang dimiliki adalah Central Warehouse Cikupa (CWH Cikupa). CWH Cikupa melayani pelanggan di area Banten dan sekitarnya. Salah satu aktivitas penting dalam proses outbound adalah alokasi armada dan penentuan rute. Saat ini, alokasi armada dilakukan secara manual oleh shipment planner. Sementara itu, penentuan rute diserahkan sepenuhnya kepada sopir. Proses manual tersebut memiliki beberapa kekurangan. Dampak yang paling merugikan adalah tidak jarang sopir harus bekerja melebihi durasi kerja yang tercantum dalam Pasal 77-78 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Lebih jauh lagi, merebaknya kampanye pelestarian lingkungan, mendorong perusahaan untuk turut andil dalam pengurangan emisi karbon. Oleh karena itu, alternatif solusi yang diajukan adalah mengembangkan sistem pendukung keputusan penentuan rute yang mempertimbangkan cold chain dan emisi karbon. Fungsionalitas sistem informasi ini terdiri dari penentuan rute, akses data master, dan dashboard. Algoritma Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) digunakan untuk menentukan rute dalam sistem. Algoritma tersebut dibangun untuk mencari solusi model matematis. Model tersebut dikembangkan dari model cold chain dan green VRP Liu, et al. (2020), serta model VRP Erdogan (2017). Hasil penentuan rute dengan algoritma dibandingkan dengan metode manual adalah emisi karbon mengalami penurunan sebesar 10,38%. Selain itu, biaya bahan bakar turun sebesar 19,63%. Sistem pendukung keputusan dapat memberikan estimasi waktu tiba dan waktu keluar dari toko yang memenuhi jendela waktu. Selain itu, rute yang dihasilkan memberikan estimasi durasi kerja sopir yang memenuhi regulasi sepanjang kendaraan yang dimiliki masih tersedia.