digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Arkaan Ah'Naf
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Muhammad Arkaan Ah'Naf
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Bab 8 Muhammad Arkaan Ah’naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Muhammad Arkaan Ah’naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 10 Muhammad Arkaan Ah'Naf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Muhammad Arkaan Ah'Naf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumber daya alam, contohnya adalah minyak dan gas bumi yang sangat penting untuk kebutuhan aktivitas manusia. Oleh karena itu, diperlukan struktur anjungan lepas pantai untuk kebutuhan eksplorasi minyak dan gas. Salah satu tipe anjungan lepas pantai yaitu fixed jacket platform. Pada Tugas Akhir ini dilakukan pemodelan dan analisis kehandalan untuk struktur anjungan lepas pantai tiga kaki tipe fixed jacket platform dengan bantuan perangkat lunak SACS. Sebelum dilakukan analisis kehandalan, struktur harus memenuhi kriteria analisis in-place, seismic dan spectral fatigue. Semua analisis tersebut dikerjakan dengan mengacu pada kode standar API RP-2A WSD. Analisis kehandalan dilakukan karena banyak ketidakpastian dari parameter dalam mendesain struktur, contohnya adalah beban lingkungan yang nilainya selalu berubah. Analisis kehandalan dilakukan berdasarkan nilai base shear yang didapat dari analisis pushover. Perhitungan analisis kehandalan pada Tugas Akhir ini menggunakan FORM 2 dengan fungsi performansi yang dipengaruhi oleh variabel acak tegangan leleh, tinggi gelombang dan kecepatan arus. Hasil dari analisis kehandalan berupa nilai indeks kehandalan. Indeks kehandalan yang didapat adalah 4.869 dengan probabilitas kegagalan sebesar 0.000000566. Nilai indeks kehandalan ini sudah memenuhi target kelas keselamatan tinggi apabila mengacu pada Bai dan Jin yakni 3.72 untuk target kelas keselamatan tinggi.