digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

COVER Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 1 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 2 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 3 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 4 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 5 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 6 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

PUSTAKA Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati

PT XYZ sudah melakukan inisiasi untuk melakukan vendor development. Namun demikian, kompetensi dan kinerja vendor masih belum memenuhi target yang diinginkan. Oleh karena itu, PT XYZ berupaya untuk menemukan faktor-faktor penting dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja vendor agar menghasilkan suatu kerjasama yang menguatkan dan menguntungkan satu dengan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model strategi vendor development, yang dapat meningatkan kompetensi dan kinerja vendor, melalui mediasi relationship learning. Secara khusus, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi vendor development melalui vendor assessment, competitive pressure, dan direct involvement, yang didasarkan pada pertumbuhan kompetensi dan kinerja vendor. Pengolahan data di penelitian ini menggunakan pendekatan structural equation modeling (SEM) dengan teknik partial least squares (PLS) karena penelitian ini sifatnya prediktif dengan implikasi manajerial. Penelitian ini menerapkan sampling jenuh karena populasi sedikit dan mudah dijangkau. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada seluruh vendor logistik PT XYZ. Model penelitian ini dianalisis berdasarkan 30 data. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan singnifikan dari akivitas vendor development berupa vendor assessment, competitive pressure, dan direct involvement terhadap relationship learning. Selanjutnya, relationship learning menunjukkan pengaruh positif dan singnifikan terhadap vendor competence. Sedangkan, vendor competence memiliki pengaruh positif dan singnifikan terhadap vendor performance. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan arahan strategi vendor development yang bisa dilakukan oleh PT XYZ adalah sebagai berikut: a. Melakukan vendor assessment secara berkala disertai dengan transparansi proses evaluasi dan pemberian umpan balik. b. Menciptakan iklim persaingan melalui competitive pressure yang dilandasi dengan aturan main yang jelas dan fair. c. Meningkatkan direct involvement vendor yang berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia dan perbaikan proses melalui inovasi baru menuju jiritsuka atau kemandirian vendor. d. Pembentukan dan optimalisasi wadah komunitas vendor logistik PT XYZ sebagai sarana membangun relationship learning yang berkesinambungan melalui serangkaian aktivitas development yang menyeluruh.