ABSTRAK Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati COVER Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 1 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 2 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 3 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 4 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 5 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati BAB 6 Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati PUSTAKA Vita Auliana
PUBLIC Dewi Supryati
PT XYZ sudah melakukan inisiasi untuk melakukan vendor development. Namun
demikian, kompetensi dan kinerja vendor masih belum memenuhi target yang
diinginkan. Oleh karena itu, PT XYZ berupaya untuk menemukan faktor-faktor
penting dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja vendor agar menghasilkan
suatu kerjasama yang menguatkan dan menguntungkan satu dengan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model strategi vendor
development, yang dapat meningatkan kompetensi dan kinerja vendor, melalui
mediasi relationship learning. Secara khusus, penelitian ini memberikan
kontribusi dalam pengembangan strategi vendor development melalui vendor
assessment, competitive pressure, dan direct involvement, yang didasarkan pada
pertumbuhan kompetensi dan kinerja vendor.
Pengolahan data di penelitian ini menggunakan pendekatan structural equation
modeling (SEM) dengan teknik partial least squares (PLS) karena penelitian ini
sifatnya prediktif dengan implikasi manajerial. Penelitian ini menerapkan
sampling jenuh karena populasi sedikit dan mudah dijangkau. Pengambilan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada seluruh vendor
logistik PT XYZ. Model penelitian ini dianalisis berdasarkan 30 data. Hasil
penelitian menunjukkan pengaruh positif dan singnifikan dari akivitas vendor
development berupa vendor assessment, competitive pressure, dan direct
involvement terhadap relationship learning. Selanjutnya, relationship learning
menunjukkan pengaruh positif dan singnifikan terhadap vendor competence.
Sedangkan, vendor competence memiliki pengaruh positif dan singnifikan
terhadap vendor performance. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan arahan
strategi vendor development yang bisa dilakukan oleh PT XYZ adalah sebagai
berikut:
a. Melakukan vendor assessment secara berkala disertai dengan transparansi
proses evaluasi dan pemberian umpan balik.
b. Menciptakan iklim persaingan melalui competitive pressure yang dilandasi
dengan aturan main yang jelas dan fair.
c. Meningkatkan direct involvement vendor yang berorientasi pada
pembangunan sumber daya manusia dan perbaikan proses melalui inovasi
baru menuju jiritsuka atau kemandirian vendor.
d. Pembentukan dan optimalisasi wadah komunitas vendor logistik PT XYZ
sebagai sarana membangun relationship learning yang berkesinambungan
melalui serangkaian aktivitas development yang menyeluruh.