Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia berdampak besar, salah satunya pada
Usaha Kecil Menengah (UMKM). Goods by Tresna yang merupakan UMKM
artisan bakery yang baru dibuka pada Desember 2020 dan berlokasi di Cikarang,
merupakan salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Salah satunya adalah
berkurangnya penjualan. Hal ini juga disebabkan oleh berkurangnya revenue
streams Goods by Tresna dikarena mall yang ditutup selama masa pembatasan
sosial di pulau Jawa dan Bali (PPKM), yang juga menjadi tantangan bagi Goods by
Tresna sebagai bisnis yang baru berjalan selama kurang lebih setengah tahun di
masa pandemi. Di tengah kondisi yang tidak menentu dan berbagai tantangan yang
melanda, Goods by Tresna harus terus berjuang untuk bertahan dengan beradaptasi
dan berimprovisasi pada situasi pandemi. Seperti yang akan dibahas melalui
penelitian ini yaitu dengan tujuan untuk menemukan strategi terbaik menghadapi
pandemi COVID-19 untuk Usaha Kecil dan Menengah seperti Goods by Tresna
Tresna. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif untuk
menganalisis kondisi pasar, juga menganalisis kondisi internal menggunakan
analisis VRIO dan Business Model Canvas, serta menganalisis kondisi eksternal
melalui Analisis PESTEL, untuk kemudian hasil analisis akan digunakan untuk
memetakan kekuatan dan kelemahan dari Goods by Tresna melalui Analisis
SWOT, yang kemudian akan dipetakan solusi melalui TOWS Matrix. Adapun hasil
dari solusi tersebut diterapkan sebagai strategi melalui Strategi Marketing Mix guna
mendapatkan formulasi strategi yang terbaik untuk Goods by Tresna dalam
menghadapi pandemi COVID-19