digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia berdampak besar, salah satunya pada Usaha Kecil Menengah (UMKM). Goods by Tresna yang merupakan UMKM artisan bakery yang baru dibuka pada Desember 2020 dan berlokasi di Cikarang, merupakan salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Salah satunya adalah berkurangnya penjualan. Hal ini juga disebabkan oleh berkurangnya revenue streams Goods by Tresna dikarena mall yang ditutup selama masa pembatasan sosial di pulau Jawa dan Bali (PPKM), yang juga menjadi tantangan bagi Goods by Tresna sebagai bisnis yang baru berjalan selama kurang lebih setengah tahun di masa pandemi. Di tengah kondisi yang tidak menentu dan berbagai tantangan yang melanda, Goods by Tresna harus terus berjuang untuk bertahan dengan beradaptasi dan berimprovisasi pada situasi pandemi. Seperti yang akan dibahas melalui penelitian ini yaitu dengan tujuan untuk menemukan strategi terbaik menghadapi pandemi COVID-19 untuk Usaha Kecil dan Menengah seperti Goods by Tresna Tresna. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kondisi pasar, juga menganalisis kondisi internal menggunakan analisis VRIO dan Business Model Canvas, serta menganalisis kondisi eksternal melalui Analisis PESTEL, untuk kemudian hasil analisis akan digunakan untuk memetakan kekuatan dan kelemahan dari Goods by Tresna melalui Analisis SWOT, yang kemudian akan dipetakan solusi melalui TOWS Matrix. Adapun hasil dari solusi tersebut diterapkan sebagai strategi melalui Strategi Marketing Mix guna mendapatkan formulasi strategi yang terbaik untuk Goods by Tresna dalam menghadapi pandemi COVID-19