digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Berdasarkan beberapa penelitian dari tahun 2013-2019, banyak anak di Yogyakarta belum mengetahui kosakata bahasa Jawa. Kosakata bahasa Jawa sebaiknya dikenalkan pada anak usia 4-5 tahun. Pengenalan kosakata bermanfaat bagi anak untuk memperluas pengetahuan dan membiasakan diri dengan bahasa. Ketika anak masuk jenjang sekolah dasar, ia tidak kesulitan mengikuti pelajaran bahasa Jawa. Akses pengenalan, kebijakan pemerintah, dan media masih terbatas. Picture book dapat menjadi alternatif media pengenalan kosakata. Ketersediaan picture book yang mudah dan menarik untuk mengenalkan kosakata bahasa Jawa masih kurang. Selain itu, belum ada penelitian mengenai rancangan picture book tentang kosakata bahasa Jawa yang mudah dan menarik untuk anak usia 4-5 tahun di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan perancangan berbasis penelitian untuk mengungkap strategi rancangan picture book kosakata bahasa Jawa yang mudah dan menarik dan mengimplementasikannya dalam karya buku fisik. Tujuan penelitian adalah terciptanya picture book tentang pengenalan kosakata bahasa Jawa melalui pendekatan lift a flap yang mudah dan menarik bagi anak usia 4-5 tahun di Yogyakarta. Kerangka pemikiran menggunakan design thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini menemukan cara pengenalan dan faktor penyebab pengenalan kosakata yang mudah dan menarik melalui media picture book. Penelitian ini juga menghasilkan picture book yang mudah dan menarik tentang kosakata bahasa Jawa untuk anak usia 4-5 tahun melalui pendekatan lift a flap dengan bantuan audio otomatis. Picture book ini memberikan stimulasi visual, pendengaran, dan sentuhan untuk anak-anak. Buku ini mendorong anak-anak untuk bermain dengan lift a flap dan mengulang kosakata dengan bantuan audio otomatis. Pengulangan akan memudahkan dalam menghafal kosakata bahasa Jawa.