Berdasarkan beberapa penelitian dari tahun 2013-2019, banyak anak di Yogyakarta
belum mengetahui kosakata bahasa Jawa. Kosakata bahasa Jawa sebaiknya
dikenalkan pada anak usia 4-5 tahun. Pengenalan kosakata bermanfaat bagi anak
untuk memperluas pengetahuan dan membiasakan diri dengan bahasa. Ketika anak
masuk jenjang sekolah dasar, ia tidak kesulitan mengikuti pelajaran bahasa Jawa.
Akses pengenalan, kebijakan pemerintah, dan media masih terbatas. Picture book
dapat menjadi alternatif media pengenalan kosakata. Ketersediaan picture book
yang mudah dan menarik untuk mengenalkan kosakata bahasa Jawa masih kurang.
Selain itu, belum ada penelitian mengenai rancangan picture book tentang kosakata
bahasa Jawa yang mudah dan menarik untuk anak usia 4-5 tahun di Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan perancangan berbasis penelitian untuk mengungkap
strategi rancangan picture book kosakata bahasa Jawa yang mudah dan menarik dan
mengimplementasikannya dalam karya buku fisik. Tujuan penelitian adalah
terciptanya picture book tentang pengenalan kosakata bahasa Jawa melalui
pendekatan lift a flap yang mudah dan menarik bagi anak usia 4-5 tahun di
Yogyakarta. Kerangka pemikiran menggunakan design thinking dengan tahapan
empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini menemukan cara
pengenalan dan faktor penyebab pengenalan kosakata yang mudah dan menarik
melalui media picture book. Penelitian ini juga menghasilkan picture book yang
mudah dan menarik tentang kosakata bahasa Jawa untuk anak usia 4-5 tahun
melalui pendekatan lift a flap dengan bantuan audio otomatis. Picture book ini
memberikan stimulasi visual, pendengaran, dan sentuhan untuk anak-anak. Buku
ini mendorong anak-anak untuk bermain dengan lift a flap dan mengulang kosakata
dengan bantuan audio otomatis. Pengulangan akan memudahkan dalam menghafal
kosakata bahasa Jawa.