Dalam pembelajaran bahasa, hal penting dan paling mendasar adalah pengetahuan tentang
kosakata. Pengenalan dan pengajaran kosakata bahasa daerah Gorontalo pada anak harus
memerhatikan pendekatan/metode, materi, dan media yang sesuai dengan anak serta tujuan
pembelarajan yang ingin dicapai.
Media merupakan faktor penting dan tidak dapat diabaikan peranannya dalam suatu proses
pembelajaran. Media yang baik dapat memberikan motivasi kepada anak terhadap proses
belajar mereka. Karakter perkembangan pembelajaran anak terkini membutuhkan pendekatan
dan media edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo yang baik dan sesuai untuk
anak, yaitu menggunakan pendekatan task-based learning melalui media game edukasi. Game
edukasi dengan model task-based learning dapat menjadi media yang mewadahi pengenalan
dan pemberian latihan-latihan berjenjang yang dapat dimanfaatkan secara aktif dan mandiri
oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan model taskbased learning pada rancangan media game edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah
Gorontalo untuk anak usia 7 – 9 tahun di Gorontalo, 2) mengetahui bagaiamana rancangan
game edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo untuk anak usia 7 – 9 tahun
dengan menggunakan model task-based learning.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan tahapan 1) studi
literatur, 2) observasi dan wawancara, 3) penyebaran kuisioner online menggunakan google
forms. Selanjutnya metode DPE Frameworks digunakan pada proses perancangan media yang
memfokuskan kepada pengalaman pengguna dalam memanfaatkan game untuk pembelajaran.
Hasil akhir dari penelitian perancangan ini adalah media game edukasi pengenalan kosakata
bahasa daerah Gorontalo dengan pendekatan task-based learning yang berisikan materi
pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo dan latihan-latihan berjenjang yang dikemas
dengan konsep permaianan puzzle-picture word match dengan narasi cerita fantasi yang
menarik untuk anak usia 7 - 9 tahun di Gorontalo. Penyajian materi dan latihan-latihan
disajikan menyatu dengan gameplay. Hasil uji coba kepada target pengguna menunjukkan
rancangan game edukasi ini dapat meningkatkan motivasi anak untuk mengenal bahasa daerah
Gorontalo dan dapat melatih kemampuan anak untuk mengingat kosakata bahasa daerah
Gorontalo dasar yang sering digunakan anak sehari-hari.