digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP SYARIFAH F. SETIASIH NIODE 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Dalam pembelajaran bahasa, hal penting dan paling mendasar adalah pengetahuan tentang kosakata. Pengenalan dan pengajaran kosakata bahasa daerah Gorontalo pada anak harus memerhatikan pendekatan/metode, materi, dan media yang sesuai dengan anak serta tujuan pembelarajan yang ingin dicapai. Media merupakan faktor penting dan tidak dapat diabaikan peranannya dalam suatu proses pembelajaran. Media yang baik dapat memberikan motivasi kepada anak terhadap proses belajar mereka. Karakter perkembangan pembelajaran anak terkini membutuhkan pendekatan dan media edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo yang baik dan sesuai untuk anak, yaitu menggunakan pendekatan task-based learning melalui media game edukasi. Game edukasi dengan model task-based learning dapat menjadi media yang mewadahi pengenalan dan pemberian latihan-latihan berjenjang yang dapat dimanfaatkan secara aktif dan mandiri oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan model taskbased learning pada rancangan media game edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo untuk anak usia 7 – 9 tahun di Gorontalo, 2) mengetahui bagaiamana rancangan game edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo untuk anak usia 7 – 9 tahun dengan menggunakan model task-based learning. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan tahapan 1) studi literatur, 2) observasi dan wawancara, 3) penyebaran kuisioner online menggunakan google forms. Selanjutnya metode DPE Frameworks digunakan pada proses perancangan media yang memfokuskan kepada pengalaman pengguna dalam memanfaatkan game untuk pembelajaran. Hasil akhir dari penelitian perancangan ini adalah media game edukasi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo dengan pendekatan task-based learning yang berisikan materi pengenalan kosakata bahasa daerah Gorontalo dan latihan-latihan berjenjang yang dikemas dengan konsep permaianan puzzle-picture word match dengan narasi cerita fantasi yang menarik untuk anak usia 7 - 9 tahun di Gorontalo. Penyajian materi dan latihan-latihan disajikan menyatu dengan gameplay. Hasil uji coba kepada target pengguna menunjukkan rancangan game edukasi ini dapat meningkatkan motivasi anak untuk mengenal bahasa daerah Gorontalo dan dapat melatih kemampuan anak untuk mengingat kosakata bahasa daerah Gorontalo dasar yang sering digunakan anak sehari-hari.