digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Fiqri El Islami
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Muhammad Fiqri El Islami
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Muhammad Fiqri El Islami
PUBLIC Irwan Sofiyan

Pada motor diesel Common Rail Direct Injection yang mampu menyalurkan bahan bakar dalam tekanan tinggi, injektor yang digunakan membutuhkan lubang kecil agar proses pengkabutan menjadi halus. Hal ini menimbulkan konsekuensi berupa sensitifnya aliran bahan bakar terhadap benda yang menghalangi laju aliran, salah satunya adalah deposit di injektor. Oleh karena itu diperlukan suatu pengujian yang dapat menganalisis kecenderungan bahan bakar dalam membentuk deposit dan pengaruhnya terhadap daya keluaran mesin. Standar uji yang ditetapkan oleh Worldwide Fuel Charter (WWFC) untuk pengujian kebersihan injektor tersebut adalah CEC F-98-08, namun standar uji tersebut harganya sangat mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun prosedur uji berdasarkan CEC F-98-08 yang dibuat menggunakan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber kemudian disusun berdasarkan standar ASTM. Parameter yang digunakan untuk pengotoran injektor adalah kehilangan daya dari mesin uji pada akhir tahap pengujian. Prosedur uji mencakup mesin, sensor dan material yang digunakan, modifikasi komponen, siklus pengujian yang dijalankan, dan kalibrasi sistem pengujian.