digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fathia Aulia Rahmah
PUBLIC Irwan Sofiyan

Green marketing merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh suatu pelaku usaha dengan tujuan untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan bagi konsumen targetnya, salah satunya bagi perusahaan skincare. Salah satu brand yang menggunakan konsep peduli lingkungan adalah Love Beauty and Planet. Love Beauty and Planet memiliki beragam inovasi yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada konsumen dan khususnya juga kepada lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara green marketing dan perceived innovation terhadap loyalitas konsumen dan keamanan lingkungan serta mengetahui efektivitas dari variabel loyalitas konsumen dalam memediasi variabel green marketing dan perceived innovation terhadap keamanan lingkungan. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh dari variabel independent (green marketing dan perceived innovation), variabel intervening (loyalitas konsumen) dan variabel dependent (keamanan lingkungan) menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS versi 26.0. Hasil uji hipotesis dari SEM digunakan untuk membandingkan hipotesis awal dengan nilai hipotesis hasil pengujian. Kemudian nilai dari standardize direct effect dan standardize indirect effect dapat menentukan efektivitas dari varibel loyalitas konsumen dalam memediasi variabel green marketing dan perceived innovation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan keamanan lingkungan. Hal ini terjadi karena upaya green marketing dan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan seperti produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, kemasan yang dapat didaur ulang dan teknologi cepat bilas pada kondisioner yang dapat meningkatkan manfaat bagi konsumen dan lingkungan, dikategorikan baik (70,37%) dan sangat baik (14,07%) berdasarkan persepsi konsumen. Variabel perceived innovation mempengaruhi keamanan lingkungan melalui loyalitas konsumen. Artinya, inovasi produk yang dirasakan oleh konsumen menyebabkan konsumen menjadi loyal dan pada akhirnya mempengaruhi keamanan lingkungan.