ABSTRAK Almaidah Junsasmi Tambunan
PUBLIC Alice Diniarti COVER Almaidah Junsasmi Tambunan
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Almaidah Junsasmi Tambunan
PUBLIC Alice Diniarti
Terminal Kalibaru merupakan salah satu terminal di Pelabuhan Tanjung Priok yang
melayani aktivitas dan perdagangan Indonesia, terutama untuk jenis petikemas.
Terminal Kalibaru diharapkan dapat memfasilitasi masuknya kapal peti kemas
generasi terbaru. Agar dapat memenuhi harapan tersebut, dibutuhkan fasilitas
pelabuhan seperti alur pelayaran dan kolam putar yang memadai. Alur pelayaran
merupakan bagian dari pelabuhan yang berfungsi sebagai jalur masuk dan keluar
kapal. Kolam putar merupakan bagian dari pelabuhan yang berfungsi untuk maneuver
kapal sebelum dan sesudah kapal melakukan kegiatan bersandar di dermaga.
Konfigurasi yang perlu diperhatikan dalam mendesain alur pelayaran adalah
kedalaman, lebar, belokan, dan kemiringan samping alur. Sedangkan konfigurasi
yang perlu diperhatikan dalam mendesain kolam putar adalah kedalaman dan
diameter. Berdasarkan kapal rencana di Terminal Kalibaru, alur pelayaran dan kolam
putar didesain dengan kedalaman -16.5 m LWS. Untuk mencapai kedalaman tersebut,
diperlukan pekerjaan pengerukan. Tugas Akhir ini meliputi penentuan layout alur
pelayaran dan kolam putar, perhitungan volume pengerukan, jenis dan jumlah kapal
keruk yang digunakan, estimasi penjadwalan pekerjaan, dan estimasi biaya pekerjaan
pengerukan. Volume pekerjaan pengerukan di Terminal Kalibaru adalah sebesar
9,131,414 m3. Pengerukan akan dilakukan dengan 1 kapal CSD dan 2 kapal TSHD.
Total biaya pekerjaan per meter kubiknya adalah Rp147,945.