digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi informasi di era industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor keuangan, dengan menggeser metode transaksi ke pembayaran digital yang dapat mendorong terbentuknya cashless society. Selain itu, produk keuangan yang ditawarkan saat ini semakin beragam dan canggih, ditambah dengan dukungan ecommerce, belanja online, dan mall yang tersebar dimana-mana, menawarkan kemudahan akses bagi konsumen dalam membeli produk. Kemampuan mengelola keuangan dengan baik sangat dibutuhkan dalam menghadapi situasi ini. Ditambah dengan fakta bahwa saat ini indeks literasi keuangan Indonesia berada di bawah rata-rata (Mastercard, 2015). Sedangkan untuk Jawa Barat, tingkat literasi keuangan mengalami penurunan sebesar 1,27% berdasarkan survei tahun 2019. Menyikapi fenomena tersebut, warga negara Indonesia khususnya Generasi Z yang dianggap penuh percaya diri, antusias, dan berani mengambil risiko juga dituntut memiliki kesiapan yang sebanding untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjerumus ke dalam perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen; (2) pengaruh literasi keuangan terhadap pengendalian diri; dan (3) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen dengan pengendalian diri sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Generasi Z yang merupakan individu berusia 17-24 tahun dan berdomisili di Bandung, Indonesia, karena Bandung merupakan salah satu kota tujuan favorit di Indonesia untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience dan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Penulis mengumpulkan sebanyak 422 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis inferensial, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen; (2) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian diri; dan (3) pengendalian diri mampu memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen