digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP EDA ISLAMAY QOMARA 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Bermain merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh anak-anak karena tidak hanya anak dapat mengeksplorasi dunia mereka namun juga dapat menstimulus tumbuh kembang anak, termasuk juga perkembangan motorik kasar. Pada masa pandemi COVID-19 ini akses untuk dapat keluar rumah menjadi sangat terbatas dan anak diharuskan untuk melakukan kegiatan mereka di dalam rumah. Hal tersebut dapat memberikan dampak besar terhadap perkembangan motorik kasar anak. Permasalahan ini makin timbul karena sarana dan prasarana yang ada di rumah kurang dapat mendukung secara optimal dalam pengembangan motoric kasar anak teresebut. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah produk permainan anak yang menyesuaikan dengan kebutuhan anak dalam tumbuh kembang terutama pada pertumbuhan motorik kasar yang dapat diakses pada saat anak sedang di rumah. Hasil rancangan mempertimbangkan aspek antropometri, karakteristik anak, mengidentifikasi kebutuhan anak serta pertimbangan dari data lapangan dan observasi