digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TA PP ANVILIA SOPHI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam era Revolusi Industri 4.0, terjadi pergeseran paradigma teknologi signifikan, terutama dalam hal interaktivitas. Perubahan ini memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk perkembangan anak-anak. Penelitian ini berfokus pada desain permainan musik digital interaktif yang bertujuan untuk merangsang perkembangan motorik kasar anak usia 4-6 tahun. Rentang usia ini memegang peranan penting dalam perkembangan anak, karena melibatkan keterampilan motorik kasar dan kognitif mereka yang sedang aktif. Pada era digital ini, anak-anak sering kali terpikat oleh teknologi dan permainan video, yang mengurangi minat mereka dalam aktivitas fisik. Dalam penelitian ini melihat potensi dalam fenomena tersebut, yaitu dengan mengintegrasikan musik yang menarik dalam permainan interaktif berbasis teknologi. Konsep desain permainan menekankan integrasi suara dan bunyi-bunyian sebagai alat motivasi anak-anak dalam aktivitas fisik. Ide melibatkan penggunaan alat musik digital yang memungkinkan interaksi fisik anak-anak dengan lawan bermain, serta menghadirkan elemen tantangan untuk menjaga minat mereka. Selain itu, desain permainan ini menjadi solusi alternatif yang menarik bagi anak-anak di tengah dominasi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari mereka.