digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA Muhammad Farhan Firdaus
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

2021 TA PP MUHAMMAD FARHAN FIRDAUS_LAMPIRAN.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» ITB


Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan ekonomi dunia, melalui anjuran social distancing. Hal ini berakibat pada turunnya tingkat permintaan akan perjalanan. Hal yang sama pun terjadi kepada AirBnB, yang merupakan platform berbasis digital dengan mengusung konsep sharing economy dan peer to peer accommodation. Akibat dari pandemi ini, AirBnB mengalami kerugian yang cukup mendalam hampir di seluruh negara. Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia dengan jumlah listing AirBnB terbanyak yang juga mengalami dampak negatif dari pandemi COVID- 19. Sebelum pandemi ini terjadi, listing AirBnB di Kota Bandung setiap tahunnya selalu bertambah dengan mayoritas pengunjungnya berasal dari Jabodetabek. Pengunjung AirBnB mayoritas merupakan anak muda generasi Z disebabkan kemampuannya dalam mengakses AirBnB yang berbasis digital. Namun ketika pandemi COVID-19 melanda, jumlah pengunjung pun menurun. Oleh karena itu penelitian ini akan mengkaji aspek permintaan masyarakat terhadap AirBnB di Kota Bandung pada masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan studi kasus masyarakat generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan menggunakan data kuesioner masyarakat yang berminat menyewa AirBnB di Kota Bandung pada masa pandemi COVID-19. Analisis yang digunakan antara lain adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan karakteristik dan pilihan akomodasi dari calon konsumen, analisis faktor untuk merumuskan faktor penentu calon konsumen, analisis skoring untuk merumuskan urutan variabel penentu calon konsumen dalam memilih jenis akomodasi, dan analisis hotspot untuk mengetahui klaster kawasan di Kota Bandung berdasarkan tingkat permintaan akan AirBnB. Penelitian ini akan menghasilkan profil calon konsumen AirBnB, faktor yang menentukan mereka untuk menyewa AirBnB, jenis akomodasi yang paling diminati, dan lokasi dengan permintaan yang tinggi di Kota Bandung. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai basis data bagi AirBnB untuk merespon pandemi COVID-19, karena telah mengetahui aspek permintaan calon konsumen terhadap AirBnB pada masa pandemi ini.