digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak: Dalam sebuah game komputer yang dimainkan secara online dengan menggunakan avatar yang beragam dapat memunculkan identitas diri para pemainnya. Dimana identitas tersebut dimunculkan dalam avatar yang dipilih oleh pemain tersebut secara sadar atau tidak akan memunculkan karakter dirinya. Metoda yang digunakan untuk meneliti kajian identitas diri para pemain game dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikoanalisis untuk mencari tipe personalitas yang muncul dari pemain dalam memilih avatar dalam game komputer tersebut. Tujuan analisis tersebut adalah untuk mengetahui keterkaitan antara avatar dengan karakter pemainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan avatar dalam game komputer dilakukan baik itu secara sadar ataupun tidak sadar merupakan kompensasi ataupun internalisasi dari pemain game tersebut. Setiap avatar dalam sebuah game dapat mewakili satu atau lebih karakter manusia, avatar tersebut dipilih berdasarkan proses alam sadar atau alam bawah sadar. Adanya kemungkinan mengganti avatar ketika berpindah level agar terlihat lebih superior, baik itu kesadaran pribadi atau dorongan dari orang lain. Keterkaitan antara avatar dan karakter pemain akan semakin terlihat jika game yang dimainkan mempunyai banyak pilihan avatar seperti pada game jenis masivelly multiplayer.