Interaksi pengguna dan realisme grafik pada sebuah game sangat mempengaruhi pengalaman pengguna ketika memainkan game. Pemenuhan kenyamanan pengguna akan sebuah game yang realistik, interaktif, dan tidak membosankan, semakin dimungkinkan dengan adanya perkembangan teknologi game pada berbagai aspek seperti grafik, audio, interaksi pengguna, dan game physic. Perkembangan teknologi game yang didukung oleh perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam akses internet menjadikan aplikasi interaktif dalam bentuk Massively Multiplayer Online Game (MMOG) merupakan bagian bisnis online yang menguntungkan. MMOG adalah sebuah tipe multiplayer game yang dimainkan pada tingkat global (internet) dan dapat diakses oleh banyak pengguna secara masal dan real time.
Tujuan tesis ini adalah merancang dan mengimplementasikan teknologi interaksi menggunakan berbagai interaction device dan realisme grafik pada MMOG berjenis Real Time Strategy (RTS). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini diawali dengan studi literatur MMOG, interaksi pengguna, realisme grafik, dan augmented reality. Kemudian dilanjutkan dengan analisis sistem, perancangan teknologi interaksi pengguna menggunakan berbagai interaction device dan realisme grafik yang meliputi visualisasi obyek dan efek visual, implementasi serta pengujian sistem yang meliputi pengujian fungsional dan pengujian usability.
Hasil utama dari tesis ini adalah terbentuknya aplikasi game client yang menggunakan tiga jenis interaksi pengguna yaitu interaksi standar menggunakan mouse dan keyboard, interaksi berbasis gesture, dan interaksi berbasis augmented reality. Selain itu juga terbentuknya realisme grafik pada aplikasi game client yang mendukung kenyamanan pengguna melalui visualisasi obyek dan penambahan efek visual.
Penerapan berbagai teknologi interaksi pengguna dan teknik pemrosesan grafik pada visualisasi obyek dapat menunjang kenyamanan pengguna ketika berada pada lingkungan game.
Perpustakaan Digital ITB