digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Asti Kusuma Putri
PUBLIC Alice Diniarti

ABSTRAKKAMPANYE PENDIDIKAN BUDAYA JALUR REMPAHKEPADA GENERASI MUDA INDONESIAOlehASTI KUSUMA PUTRINIM: 17417040(Program Studi Desain Komunikasi Visual)Jalur rempah merupakan salah satu histori penting dan kebudayaan dari Indonesia yang perlu untuk di budidayakan.Dalam era digital ini, banyak dari anak muda terlebih anak sekolah dasar yang tidak tahu akan jalur rempah itu tersendiri. Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bersikeras untuk melaksanakan program jalur rempah untuk tahun 2024 kedepannya. Dengan itu literasi akan jalur rempah harus di kenalkan sejak terdahulu oleh generasi mudah terlebih pada usia sekolah dasar agar melekat pada generasi yang akan mendatang untuk melanjutkan program jalur rempah. Kampanye The Spice Van dirancang dengan visual dan karakter yang terkait akan jalur rempah yang sangat eksploratif beguna untuk mempermudah anak dalam belajar apa itu jalur rempah, kegunaan setiap rempah, dan rempah pada masa kejayaan perdagangan rempah pada masa jalur rempah itu sendiri. Kampanye The spice Van menggunakan karakter Van atau mobil Van yaitu anak yang dapat berubah menjadi mobil van berisi dapur berjalan untuk memberi banyak pelajaran akan jalur rempah itu sendiri dan mencari rempah yang terkenal pada masa kejayaan perdagangan rempah. Maka dari itu, perancangan kampanye sosial dengan bertema The Spice Van ini diharapkan dapat menarik minat anak sekolah dasar untuk belajar akan kebudayaan jalur rempah, dan mulai menerapkannya pada masa depan nanti.