Tugas Akhir yang dilakukan adalah proses desain interaksi yang menghasilkan
prototipe aplikasi agregator berita menggunakan metodologi Gamification Design
Method. Permasalahan yang diangkat pada tugas akhir ini adalah terkait perubahan
tren akses berita online yang didominasi oleh media sosial bagi pengguna berusia
18-35 tahun. Selain itu, terdapat perubahan terhadap kebutuhan membaca berita
bagi pengguna muda yaitu sebagai sarana membangun hubungan dan mendapat
hiburan. Kebutuhan tersebut belum terpenuhi oleh aplikasi agregator berita yang
ada sehingga Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendesain aplikasi aggregator berita
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, akan diterapkan gamifikasi
dengan mengidentifikasi unsur game yang tepat untuk meningkatkan nilai dan
tingkat engagement dari aplikasi. Didapatkan dari hasil riset pengguna bahwa
usability goals yang sesuai bagi aplikasi adalah effectiveness, efficiency, dan
learnability. Unsur game yang sesuai untuk meningkatkan engagement adalah
friending, conformity anchor, progress bar, dan badges. Riset dilakukan melalui
survei terhadap 150 responden berusia 18-35 tahun yang disebar melalui postingan
media sosial. Setelah mendapatkan usability goals yang sesuai dari hasil riset,
dilakukan proses desain secara iteratif. Pada setiap iterasi akan dilakukan usability
testing untuk mengukur pemenuhan usability goals dan user experience hingga
memenuhi target yang ditentukan berdasarkan hasil studi literatur. Metrik
pengukuran yang digunakan antara lain adalah Single Ease Question (SEQ), System
Usability Scale (SUS), Time-based Efficiency (TBE), dan User Engagement Scale
(UES). Prototipe yang dihasilkan mampu memiliki tingkat efektivitas 97%, nilai
TBE sebesar 0,8 tasks / second, nilai SEQ sebesar 5,6, dan nilai UES sebesar 4,03
setelah melakukan satu kali iterasi low-fidelity dan dua kali iterasi high-fidelity.