Jumlah investor di Indonesia masih bisa dapat dikatakan sedikit jika dibandingkan dengan
jumlah investor negara lain. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat
Indonesia terhadap investasi aset finansial dan karena masyarakat Indonesia menganggap
penggunaan aplikasi investasi aset finansial adalah hal yang rumit. Permasalahan terkait ini akan
diselesaikan dengan pembuatan desain interaksi aplikasi yang dapat menimbulkan motivasi bagi
masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi. Pembuatan desain interaksi aplikasi investasi
aset finansial ini menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) yang diharapkan dapat
membantu memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi aset
finansial. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengguna terhadap
aplikasi investasi aset finansial. Melalui kuesioner, dirumuskan bahwa usability goals untuk
aplikasi investasi aset finansial adalah effective to use dan easy to learn, sedangkan untuk user
experience goals adalah helpful dan motivating. Desain interaksi aplikasi yang dibuat
menggunakan pendekatan user-centered design diuji dalam dua iterasi, yaitu untuk iterasi
terhadap prototipe low-fidelity dan terhadap prototipe high-fidelity. Berdasarkan pengujian yang
dilakukan terakhir kali, desain interaksi aplikasi investasi aset finansial telah mampu memenuhi
usability goals effective to use dengan completion rate sebesar 100% dan easy to learn dengan
nilai rata-rata SEQ adalah 6.593 dari 7.00. Desain interaksi yang dirancang juga telah mampu
mencapai user experience goals helpful yang diukur dengan IMI Value/Usefulness dengan nilai
6.635 dari 7.00 sedangkan untuk motivating diukur dengan IMI Interest/Enjoyment dengan nilai
6.375 dari 7.00 yang artinya pengguna yang menjadi responden setuju bahwa bahwa desain
interaksi dapat membantu (helpful) dan memberikan motivasi (motivating).