digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jumlah investor di Indonesia masih bisa dapat dikatakan sedikit jika dibandingkan dengan jumlah investor negara lain. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap investasi aset finansial dan karena masyarakat Indonesia menganggap penggunaan aplikasi investasi aset finansial adalah hal yang rumit. Permasalahan terkait ini akan diselesaikan dengan pembuatan desain interaksi aplikasi yang dapat menimbulkan motivasi bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi. Pembuatan desain interaksi aplikasi investasi aset finansial ini menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) yang diharapkan dapat membantu memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi aset finansial. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengguna terhadap aplikasi investasi aset finansial. Melalui kuesioner, dirumuskan bahwa usability goals untuk aplikasi investasi aset finansial adalah effective to use dan easy to learn, sedangkan untuk user experience goals adalah helpful dan motivating. Desain interaksi aplikasi yang dibuat menggunakan pendekatan user-centered design diuji dalam dua iterasi, yaitu untuk iterasi terhadap prototipe low-fidelity dan terhadap prototipe high-fidelity. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terakhir kali, desain interaksi aplikasi investasi aset finansial telah mampu memenuhi usability goals effective to use dengan completion rate sebesar 100% dan easy to learn dengan nilai rata-rata SEQ adalah 6.593 dari 7.00. Desain interaksi yang dirancang juga telah mampu mencapai user experience goals helpful yang diukur dengan IMI Value/Usefulness dengan nilai 6.635 dari 7.00 sedangkan untuk motivating diukur dengan IMI Interest/Enjoyment dengan nilai 6.375 dari 7.00 yang artinya pengguna yang menjadi responden setuju bahwa bahwa desain interaksi dapat membantu (helpful) dan memberikan motivasi (motivating).